Pemkab Situbondo Siapkan Lahan Lima Hektar Untuk Pembangunan Lapangan Sepak Bola Baru

melihat kelayakan lapangan stadion gelora muhammad saleh

melihat kelayakan lapangan stadion gelora muhammad saleh (foto : zaini zain)

SITUBONDO- Pemkab Situbondo berencana akan membangun lapangan sepak bola baru bertaraf nasional. Pemkab sudah menyiapkan lahan seluas lima hektar di kawasan TPA Desa Seliwung, Kecamatan Panji.

Siang kemarin, Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Aset Dareh (DPPKAD), bersama Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga  dan Komisi IV DPRD Situbondo, sudah melakukan survey kelayakan lapangan sepak bola di Stadiun Gelora Muhammad Saleh.

Menurut Kepala Bidang Aset DPPKAD Pemkab Situbondo Abdul Kadir,  pembangunan lapangan sepak bola baru bertaraf nasional, merupakan rencana jangka panjang yang akan dilakukan secara bertahap.

Abdul Kadir menambahkan, saat ini Pemkab sudah menyiapkan lahan seluas lima hektar. Mengingat anggaran dana yang  dibutuhkan cukup besar, Pemkab akan meminta bantuan  Pemerintah pusat dan Pempro Jawa Timur untuk pembangunan lapangan sepak bola baru.

Abdul Kadir mengaku belum mengetahui kapan pembangunan lapangan sepak bola baru itu akan dimulai. Namun mulai tahun depan Pemkab akan mulai mengajukan anggarannya ke Pemerintah Pusat dan Pemprov Jatim.

Lebih jauh Abdul Kadir menegaskan, jika lapangan baru sudah selesai, lapangan sepak bola yang ada saat ini kemungkinan akan jadi tempat pemusatan pembinaan olahraga. Untuk sementara lapangan yang ada  akan dibenahi seperti rumput dan tempat penonton di bagian timur.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Situbondo, Janur Sastra Ananda, mengatakan, sejauh ini lapangan sepak bola di stadiun Gelora Muhammad  Saleh memang kurang terawat. Bahkan tahun ini  tidak ada anggaran perawatan sama untuk perbaikan stadion.

Menurut Janur, karena kebutuhan mendesak untuk membenahi stadion saat ini, DPRD menyarankan Pemkab mencarikan dana non budgeterseperti dana CSR.

 

Zaini Zain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *