13 Tim Cricket Perebutkan 8 Medali Emas

0
74
bhasafm
Sebanyak 13 tim Cricket mengikuti kompetisi Porprov VII Jatim di lapangan SMAN 2 Situbondo (Foto oleh Zaini Zain)

Situbondo- Sebanyak 13 tim mengikuti lomba Exhibition Cricket Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jatim  2022,  di lapangan SMAN2 Situbondo.  Dari 13 tim peserta tersebut terdiri dari 6 tim putri dan 7 tim putra.  Mereka akan memperebutkan enam medali emas.

Selama cabang olahraga cricket  itu dipertandingan, tercatat peserta terbanyak pada Porprov VII Jatim bertempat  di Kabupaten Situbondo. Saat ini cabang olahraga terus berkembang di beberapa daerah di Jawa Timur.

Pengurus Persatuan Cricket Indonesia (PCI), Jawa Timur, Hijrin Fitroni, mengatakan, cabang olahraga cricket di Jawa Timur masih baru ada sejak 2018. Untuk Porprov kali ini cukup mendapat sambutan antusias, karena peserta dan official yang terlibat mencapai 150 orang lebih.

“Ini peserta terbanyak sepanjang cabang olahraga cricket diperlombaan. Kami sangat mengapresiasi kepada Pemkab Situbondo” katanya, Kamis. 30 Juni 2022.

BACA JUGA :  Lahan Kosong Kembali Terbakar, Satu Jam Petugas Berjibaku Jinakkan Api

Menurut Hijrin, saat ini memang masih belum banyak Kabupaten di Jawa Timur memiliki tim cricket. Selain membutuhkan sarana lapangan luas, pengadaan alat cricket juga harus mengimpor dari Luar Negeri seperti dari Malaysia, Pakistan dan India.

“Setidaknya punya lapangan luas sepeti lapangan sepak bola. Terus alat-alat cricket belum di produksi di dalam negeri sehingga harus mengimpor dari luar. Itu salah kendala yang dihadapi daerah-daerah” terangnya.

Hijrin menambahkan, cabang olahraga cricket sudah diperlombakan di Pekan Olahraga Nasional (PON). Untuk Jawa Timur mulai masuk 2018 silam. Pengembangan Cricket melalui Perguruan Tinggi yaitu UNESA Surabaya dan Universitas Negeri Malang.

“Sejak ini dua daerah ini Surabaya dan Malang permainan Cricketnya cukup berkembang. Dua daerah ini pula yang selama ini menjadi langgana medali emas,” pungkasnya.

Reporter: Zaini Zain