27 Desa di Kabupaten Situbondo Menerima Tambahan Dana Desa

0
56
Ilustrasi Desa (Gambar oleh Heri Santoso dari Pixabay)

Situbondo, bhasafm.co.id- Pemerintah Kabupaten Situbondo menerima tambahan dana desa sebesar 10 milliar rupiah lebih di tahun 2023 ini . Dana tersebut saat ini sudah dilakukan pencairan termin ketiga.

 

Ir Sentot Sugiyono menyatakan bahwa tambahan dana di setiap desa jumlah nominalnya tidak sama, tergantung jumlah penduduk.  Pencairan  dana desa itu dilakukan bertahap selama tiga bulan sekali,  Jadi tidak langsung dicairkan sekaligus secara utuh dalam satu waktu.

 

Sentot mengatakan bahwacara tersebut dinilai efektif untuk meningkatkan kualitas kinerja Pemerintah Desa. Sebab untuk proses pencairan Dana Desa berikutnya tidak bisa dilakukan apabila anggaran tersebut tidak dimanfaatkan secara maksimal untuk pembangunan di desa.

 

Selain itu, Sentot mengatakan, ada beberapa desa kembali menerima tambahan DD tahun ini . Namun masih belum bisa dicairkan, lantaran menunggu petunjuk teknis dari pemerintah pusat. Untuk desa yang kembali menerima tambahan dana desa terbatas jumlahnya, yaitu hanya ada 27 desa di Kabupaten Situbondo.

 

Sentot menambahkan bahwa masing-masing desa menerima tambahan anggaran dana desa sebesar Rp139 juta. Hal itu berdasarkan pada surat Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK).

 

Sentot berharap, pemdes lebih meningkatkan kembali kinerja untuk masyarakat. Sebab pemerintah sudah memberikan anggaran besar untuk kepentingan pembangunan di desa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.