30 ASN Dilatih Untuk Memperbaiki Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa

0
199
BhasaFM
Wakil Bupati Yoyok Mulyadi membuka acara Diklat pengelolaan keuangan desa (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Pemkab Situbondo tampaknya memiliki perhatian khusus pengelolaan keuangan desa. Sebanyak 30 Aparatur Sipil Negara (ASN) dilatih secara khusus untuk memperbaiki masalah keuangan desa ini.

Sebanyak 30 ASN itu merupakan perwakilan dari 17 Kecamatan. Mereka akan mengikuti pendidikan dan pelatihan pengelolaan keuangan  dan asset desa selama 10 hari, di hotel Sidomuncul Pasir Putih, Senin pagi kemarin.

Menurut Waki Bupati Yoyok Mulyadi, diklat pengelolaan keuangan desa menghadirkan pejabat Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Zaenal Mutakin. Diklat ini sebagai bentuk penguatan Sumberdaya manusia, untuk mengatasi pelaporan dan pertanggung jawaban keuangan desa. Selain itu, peserta akan dilatih pengelolaan asset desa agar tak terjadi penyimpangan.

Yoyok Mulyadi berharap, ilmu yang diperoleh bisa langsung dilaksanakan mengasesmen pengelolaan keuangan desa. Para ASN yang ditunjuk mengikuti diklat, merupakan  orang pilihan untuk jadi agen pebaikan di Kecamatan. Mereka yang akan bertugas mengatasi permasalahan pelaporan keuangan di tingkat desa.

Lebih jauh Wabup Yoyok Mulyadi mengingatkan, agar pihak Kecamatan tidak mempersulit Pemerintahan desa. Semua jenjang instansi pemerinah harus bekerja secara profesional dan patuh terhadap aturan.