Ada Enam Destinasi Wisata di Situbondo Bisa Dikunjungi di Era New Normal

0
131
Bhasafm
WISATA-Enam Objek Wisata di Situbondo sudah dibuka kembali (foto: Zaini Zain)

Situbondo-Setelah cukup lama lockdown, sejumlah destinasi wisata akhirnya dibuka kembali.  Dinas Pariwisata Pemkab Situbondo membuka enam destinasi wisata bagi pengunjung di era new normal.

Enam destinasi wisata itu semuanya merupakan wisata alam,  yaitu objek wisata pantai pasir putih di Kecamatan Bungatan, pantai tampora di Kecamatan Banyuglugur, Taman Nasional Baluran di Kecamatan Banyuputih, Kampung kerapu  dan kampung blekok di Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, serta destinasi wisata Karang Kenik (KK 26) di Desa Olean, Kecamatan kota Situbondo.

Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Situbondo, Tutik Margiyanti mengatakan, sebelum dibuka untuk pengunjung enam destinasi wisata tersebut sudah melalui proses pendampingan serta simulasi kesiapannya menerapkan protokol kesehatan.

 “Kita sudah lakukan asismen dan simulasi adaptasi kebiasaan baru di enam wisata tersebut melibatkan Satgas Covid-19,” kata Tutik Margiyanti.

BACA JUGA :  KUA PPAS Perubahan APBD 2021 Disahkan, Pemkab Anggarkan Belanja Daerah Rp. 2 Triliun 102 Miliar

Sementara itu, Direktur Perusda Pasir Putih, Yasin Ma’sum mengaku,  kunjungan wisata di pasir putih sudah dijinkan dibuka sejak awal September. Ada beberapa ketentuan bagi pengunjung masuk lokasi wisata di era new normal yaitu harus menggunakan masker.

Yasin mengaku,  penggunaan masker merupakan screening awal bagi pengunjung dipintu masuk. Setelah itu, ada pemandu akan mengarahkan pengunjung mencuci tangan sebelum masuk ke area wisata pantai.

“Ada penerapan protokol kesehatan secara ketat harus dilakukan di lokasi wisata. Pengunjung tak pakai masker tidak diperbolehkan masuk,” katanya.

Yasin menambahkan, pihaknya juga menerjunkan sejumlah petugas untuk mengawasi pengunjung agar menjaga jarak selama di lokasi wisata.  Selain itu,  Perusda Pasir Putih  juga telah membatasi pengunjung maksimal 849 orang.

“Jadi batasan pengunjung  tidak boleh lebih 840 pengunjung di suatu waktu, kalau sehari tidak ada batasannya,” ujarnya.