Ada Tujuh Nakes Terpapar Covid, Delapan Kecamatan di Situbondo Zona Merah Penyebaran Covid

0
107
Bhasafm
TUTUP: Pelayanan di Puskesmas Banyuputih ditutup setelah tujuh orang Nakes terpapar Covid-19 (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Warga Situbondo terpapar virus Corona terus bertambah. Kali ini,  pelayanan Puskesmas harus ditutup karena tenaga kesehatannya terpapar Covid. Tak tanggung-tanggung ada tujuh Tenaga Kesehatan (Nakes) Puskesmas Banyuputih positif Covid-19.

Satgas tak menjelaskan klaster tujuh karyawan tersebut. Satgas menutup pelayanan Puskesmas sejak Senin hingga 20 Desember 2020 mendatang, agar penyebaran Covid tak kian meluas. Saat ini, sudah ada delapan Kecamatan di Situbondo masuk zona merah atau risiko tinggi penyebaran Covid.

Menurut juru bicara Satgas Covid-19 Situbondo, tujuh tenaga medis yang terpapar Covid kondisi kesehatannya cukup bagus. Saat  ini mereka sedang melakukan isolasi mandiri di rumah mereka masing-masing.

“Satgas terus memantau kesehatan mereka yang sedang melakukan isolasi mandiri. Mereka termasuk pasien OTG atau Orang Dengan Tanpa Gejala,” katanya, Senin, 14 Desember 2020.

BACA JUGA :  Ingin Mandiri, Penyandang Disabilitas Pilih Jadi Pengrajin Batik

Data Satgas menyebutkan, saat ini jumlah warga Situbondo terpapar Covid sudah mencapai 1.386 orang. Terbaru ada tambahan 35 pasien baru positif Covid dan satu pasien meninggal dunia. Total pasien sembuh sebanyak 1.140 orang dan 103 meninggal dunia. Saat ini masih ada 143 pasien sedang dalam perawatan medis, terdiri dari 25 pasien rawat inap di rumah sakit, 14 pasien isolasi di pusat karantina di pasir putih serta 104 pasien isolasi mandiri.

Untuk delapan Kecamatan zona merah penyebaran Covid-19, yaitu Kecamatan Situbondo, Panji, Panarukan, Arjasa, Asembagus, Banyuputih. Di wilayah barat, zona merah penyebaran Covid di Kecamatan Besuki dan Jatibanteng.