Akan Ada Tambahan Data Baru Penerima Bantuan PKH di Situbondo

0
122
Bhasafm
Akan Ada Tambahan Data Baru Penerima Bantuan PKH di Situbondo (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Tahun ini akan ada tambahan data baru penerima bantuan PKH atau Program Keluarga Harapan di Situbondo. Saat ini, sedang dilakukan validasi data terkait penambahan data baru  tersebut.

Koordinator Kabupaten PKH Situbondo, Agus Ari Cahyadi, mengatakan,  saat ini jumlah penerima PKH sebanyak 27 ribu 512 Kelompok Penerima Manfaat (KPM). Saat pencairan tahap ketiga nanti jumlah penerima PKH di Situbondo dipasitkan akan bertambah.

“Ini validasi sedang berperoses, nanti akan kita umumkan jumlah tambahan baru penerima PKH,” ujar Agus Ari, ditemui saat memantau validasi data PKH baru, Rabu, 10 februari 2021

Menurut Agus Ari, bagi KPM yang memenuhi persyaratan masuk sebagai penerima PKH akan di SK sebagai penerima. Mereka  akan mulai mendapatkan bantuan pada penyaluran tahap ketiga nanti.

BACA JUGA :  Santri Ponpes Nurul Hikam Sudah Divaksin

Yang pasti kata Agus Ari, KPM baru itu harus memenuhi beberapa komponen, yaitu ada komponen disabilitas, komponen lansia, komponen memiliki anak sekolah SD sampai SLTA serta komponen ibu hamil dan punya balita.

“Intinya mereka warga miskin dan harus memenuhi syarat sesuai dengan salah satu komponen itu,” terangnya

Lebih jauh Agus Ari menjelaskan, bahwa secara nasional target penerima PKH sebanyak 10 juta KPM. Untuk tambahan data baru diambilkan dari penerima PKH yang sebelumnya sudah ditarik kepesertaannya, karena sudah mandiri atau tak memenuhi komponen sebagai penerima PKH.

“Itu terus berputar bantuan PKH. Yang jelas target nasional sebanyak 10 juta KPM,” pungkasnya.

Reporter: Zaini Zain