Banyak Anggota Dewan Malas Ikut Rapat, Paripurna LKPJ Batal Digelar

0
97
bhasafm
Tak memenuhi qourum rapat paripurna LKPJ Bupati 2021 ditunda (Foto oleh Zaini Zain)

Situbondo- Rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Situbondo batal digelar, karena banyak anggota dewan malas ikut rapat, Senin kemarin. Banyak anggota dewan tak hadir sehingga paripurna rapat paripurna dinilai tak memenuhi quorum.

Dari 45 anggota DPRD Situbondo hanya ada 19 orang yang hadir mengikuti paripurna. Padahal, rapat paripurna baru memenuhi qourum kalau dihadiri 2,3 atau 30 orang dari jumlah anggota dewan. Sedianya, paripurna mengagendakan LKPJ Bupati tahun anggaran 2021.

Rapat paripurna sebenarnya sudah dimulai di pimpin Wakil Ketua DPRD Abdurrahman. Wakil Bupati Situbondo Ny. Hj. Khoirani sudah selesai membacakan LKPJ, namun rapat dihentikan karena ada salah seorang anggota dewan instrupsi menyoal keabsahan paripurna karena hanya dihadiri 19 anggota dewan.

Wakil Ketua DPRD Situbondo, Abdurrahman SH mengatakan, rapat paripurna DPRD akhirnya ditunda karena tingkat kehadiran anggota dewan tak sesuai dengan absensi. Rapat paripurna dinilai tak memenuhi quorum dan harus dijadwal ulang pelaksanaannya.

BACA JUGA :  Dapat Jatah 3.100 Dosis Vaksin Pemkab Situbondo Segera Lakukan Penyemprotan Massal Basmi PMK

“Untuk paripurna berikutnya menuggu jadwal dari Badan musyawarah DPRD,” ujarnya ditemui usai rapat paripurna di Kantor DPRD, Senin, 28 Maret 2022.

Abdurrahman menambahkan, sebenarnya ada beberapa opsi bisa diambil dan tidak harus menunda rapat paripurna. Sesuai tata tertib bahwa kalau rapat tak memenuhi quorum harus ditunda selama dua jam. Kalau belum juga memenuhi ditunda lagi dua jam. Kalau dua kali ditunda tetap tak memenuhi quorum, maka rapat bisa dilanjutkan tanpa memperhatikan tingkat kehadiaran anggota.

“Tetapi ada opsi lain yang disepakati teman yang hadir, untuk jadwal paripurna pengesahan dan persetujuan tiga Raperda ditunda dan akan dijdwal ulang melalui Badan Musyawarah,” terangnya.

Reporter: Zaini Zain