Baru Diperbaiki, Banyak Lampu PJU Malah Dirusak Orang Tak Dikenal

0
169
bhasafm
Petugas DPKP sedang memperbaiki lampu PJU di sekitar stadion Situbondo (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Upaya Pemkab Situbondo menjadikan jalan raya sebagai kawasan bersinar masih menemukan kandala. Pasalnya, belakangan ini marak pencurian kabel lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di sejumlah lokasi.

Selain marak pencurian kabel PJU, banyak lampu di sejumlah lokasi yang baru diperbaiki malah dirusak orang tak bertanggung jawab. Lampu PJU dipecah karena dengan cara dilempari batu.

Menurut Kepala Bidang Pertamanan dan PJU Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Situbondo, Iwan Subakti, saat ini ada beberapa titik kabel PJU hilang di bantaran sungai. Akibatnya, sungai menjadi gelap karena kabelnya sudah hilang.

“Kami memang menempatkan kabel PJU di bantaran sungai itu di bawah tanah, jadi ada beberapa titik yang hilang,” katanya, Rabu, 31 Maret 2021.

Iwan menambahkan, ada juga lampu PJU dirusak orang usil di beberapa lokasi. Belum diketahui motifnya perusakan tersebut, namun bisa jadi mereka tidak suka kalau jalanan menjadi terang.

BACA JUGA :  Hati-Hati, Kekerasan Seksual Terhadap Anak Meningkat Dimasa Pandemi

Tidak hanya itu kata Iwan, ada bebarapa masyarakat yang memiliki pohon mangga dan mengenai kabel PJU menolak dibersihkan. Padahal keberadaan ranting pohon sangat mengganggu dan bisa menyebabkan PJU konslet. Oleh karena itu, Iwan mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga PJU agar keinginan Bupati menjadikan jalan pantura Situbondo bersinar bisa terwujud.

“Jadi seperti itu problemnya  di lapangan. Kami mohon masyarakat kerjasamanya. Saat ini kami sudah memasang 650 lampu dari 5000 lampu PJU yang mati dan akan diganti,” terangnya.

Seperti diketahui. Pemkab Situbondo memiliki 11 ribu lebih PJU dan sebagian besar berada di jalan pantura Situbondo. Tahun ini akan ada lagi 1000 PJU baru di jalan pantura termasuk di kawasan hutan Baluran.

Reporter: Zaini Zain