Baru Pulang Dari Malaysia Tiga Orang Pekerja asal Situbondo Positif Covid-19

0
91
bhasafm
Screening- Seorang Pekerja Migran yang baru pulang dari Malaysia sedang menjalani pemeriksaan medis (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Sudah ada 125 Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Situbndo pulang dari luar negeri. Dari jumlah tersebut ada tiga pekerja baru pulang dari Malaysia dinyatakan positif Covid-19. Satu pasien dirawat di Surabaya, sedangkan dua pasien baru diketahui positif saat di karantina di Situbondo.

Untuk dua pasien yang menjalani perawatan medis di Situbondo berasal dari Kecamatan Mangaran dan Banyuglugur. Saat ini, keduanya sedang menjalani perawatan medis, meski masuk pasien Covid OTG atau Orang Dengan Tanpa Gejala.

Menurut Kabid penempatan tenaga kerja Dinaskertrans Pemkab Situbondo, Muhammad Zaini, semua pasien yang masuk karantina di wisma GOR Baluran, sebenarnya sudah mendapatkan notifikasi negatif Covid-19, karena sebelumnya sudah menjalani  karantina selama dua hari di Surabaya.

Zaini menjelaskan, untuk dua pekerja yang baru pulang dari Malaysia, baru diketahui positif Covid pada hari kelima masa karantina. Keduanya dinyatakan positif Covid setelah dilakukan tes Swab.

“Sesuai SOP karantina bagi pekerja yang baru pulang dari luar negeri dilakukan bertahap yaitu dua hari di Surabaya dan tiga hari di Kabupaten. Untuk dua pasien itu diketahui positif di hari kelima atau tes Swab sebelum dipulangkan ke rumah,” katanya, Selasa, 8 Juni 2021.

BACA JUGA :  Dua Rumah Terbakar Saat Warga Sedang Tidur

Ditemui di pusat karantina wisma GOR Baluran, Zaini mengatakan, saat ini tiga pasien Covid-19 klaster luar negeri yang sedang menjalani perawatan medis dalam keadaan baik, karena saat dikarantina kondisinya memang terlihat sehat.

Oleh karena itu, Zaini meminta agar para pekerja yang baru datang dari luar negeri mematuhi SOP protokol kesehatan, yaitu mengikuti semua proses karantina untuk mencegah penularan Covid-19 di Situbondo.

“Jadi, setelah tiga hari dikarantina di Kabupaten mereka dipulangkan tapi harus tetap isolasi mandiri selama 14 hari,” ujarnya.

Data terbaru Satgas Covid-19 Situbondo menyebutkan, saat ini ada 15 pasien Covid di Situbondo yang sedang menjalani perawatan medis, terdiri dari empat pasien dirawat di rumah sakit, delapan pasien isolasi di ruang observasi dan tiga pasien isolasi mandiri.

Reporter: Zaini Zain