Belum Kembalikan Kerugian, Dua Desa Tak Bisa Cairkan Bantuan Dana Desa

0
353
BhasaFM
Kabid Pemerintahan Desa Pemkab Situbondo Yogie Kripsian Sah (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pemkab Situbondo, menahan pencairan bantuan Dana Desa (DD) 2019 untuk dua desa . Pasalnya, dua Desa tersebut masih bermasalah dengan penggunaan dana desa  tahun 2018.

Dua Desa yang belum bisa mencairkan dana desa yaitu Desa Sumberejo, Kecamatan Banyuputih, dan Desa Kalianget, Kecamatan Banyuglugur. DPMD tak akan mencairkan bantuan dana desa, sebelum kerugian penggunaan DD sebelumnya dikembalikan.

Menurut Kepala Bidang Pemerintahan dan Desa, Yogie Kripsiansyah, pihaknya sengaja tak mencairkan bantuan DD di Desa Sumberejo dan Desa Kalianget,  karena khawatir akan dipergunakan membayar tanggungan kerugian Negara pada penggunaan DD tahun 2018.

Yogie menambahkan, untuk desa Kalianget pihaknya menunggu proses hukumnya selesai di Kejaksaan. Penggunaan Dana Desa 2018 di Desa Kalianget tak bisa dipertanggung jawabkan sebesar 345 juta rupiah.

Yogie mengaku, di tahun ini pihaknya akan berhati-hati mencairkan dana desa, agar tak ada lagi kasus penyelewengan dana desa. Menurutnya, dari 132 di Situbondo hanya dua desa belum bisa mencairkan dana desa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.