Belum Masuk DPT, Ribuan Warga Situbondo Terancam Tak Bisa Mencoblos

0
187
BhasaFM
Ketua KPU Situbondo, Marwoto (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Ribuan warga Situbondo terancam tak bisa mencoblos pada Pemilu 17 April mendatang. Pasalnya,  ribuan warga ini ternyata belum masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) sementara, karena belum melakukan perekaman E-KTP atau Kartu Tanda Pendudukan Elektronik.

Ada sekitar 2000-an orang belum masuk memiliki e-KTP. Jika hingga 13 Maret mendatang mereka tak juga melakukan perekaman e-KTP, maka dapat dipastikan tak akan bisa menggunakan hak pilihnya.

Menurut Ketua KPU Situbondo, Marwoto, sekitar 2000 warga yang tak masuk DPT sementara, sebagian merupakan pemilih pemula. “sebagian dari warga tersebut sudah mulai melakukan perekaman e-KTP”, jelas Marwoto.

BACA JUGA :  Buruh Tani Tembakau dan Buruh Pabrik Rokok Akan Terima Bantuan Rp 900 Ribu

Marwoto juga menambahkan, “saat ini DPT memang masih belum dikunci. KPU masih menunggu update data terakhir dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil hingga 14 Pebruari mendatang”.

Marwoto mengaku, pemutakhiran DPT akan dilakukan 13 Maret mendatang. KPU akan mengesahkan DPT dan tidak akan ada lagi penambahan data pemilih. Saat ini, jumlah pemilih yang sudah masuk DPT sementara sebanyak 493 ribu169 pemilih.