43 Petugas Rutan Situbondo Menjalani Rapid Test

0

Situbondo- Seluruh petugas Rumah Tahanan Negara (Rutan) Situbondo, menjalani rapid test untuk mencegah penularan virus Corona di lembaga pemasyaratan tersebut. Ada 43 petugas rutan menjalani rapid test.

Menurut Kepala Rutan Situbondo, rapid test petugas rutan itu bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Situbondo. Hasilnya, semua petugas rutan dinyatakan steril atau non reaktif.

“Ini kedua kalinya kami melakukan rapid test terhadap petugas rutan, karena tes pertama hanya terbatas untuk 10 orang petugas,” terang Haryono, Senin, 29 Juni 2020.

Hariyono menambahkan, rapid test tersebut merupakan skrining atau langkah antisipasi. Tak hanya bagi petugas, Hariyono berharap akan ada rapid test bagi 150 warga binaan Rutan Situbondo.

BACA JUGA :  Waspada, Pasien Covid di Situbondo Sudah Tembus 1073 Orang

“Secara umum kondisi warga rutan disini sehat karena selalu menjalani tes kesehatan berkala. Saat ini Rutan selalu steril dari pengunjung,” ujarnya.

Menurutnya, Rutan Situbondo sudah menutup kunjungan sejak awal pandemi Corona. Tidak ada pembesuk yang bisa bertemu langsung dengan warga binaan, selain hanya mengirimkan makanan.

“Kami disini (Rutan) juga menerapkan protokol kesehatan secara ketat, seperti menyediakan tempat cuci tangan, mewajibkan menggunakan masker, dan menjaga jarak (Physical Distancing),” katanya.