Ada Sembilan Pasien Baru, Jumlah Pasien Corona Bertambah Dari 56 Menjadi 65 Orang

0

Situbondo- Penyebaran virus corona di Situbondo terus melonjak naik. Saat ini, ada sembilan orang pasien baru terkonfirmasi positif Covid-19. Dengan demikian, jumlah total pasien positif bertambah dari 56 menjadi 65 orang.

Sembilan pasien baru masih termasuk klaster Masjid Baitur Rahman Olean. Sembilan pasien baru positif corona berasal dari Desa Olean, Kecamatan Situbondo  sebanyak lima orang, serta Desa Tenggir, Kecamatan Panji, sebanyak empat orang.

Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Situbondo, Abu Bakar Abdi, mengatakan, pihaknya sudah menerima 14 sampel hasil swab terdiri dari Sembilan positif dan  lima orang lainnya negatif.

 “Untuk lima pasien negatif (sebelumnya reaktif hasil rapid test), berasal dari Kecamatan Panarukan dan Panji masing-masing satu orang, serta tiga orang dari Kecamatan Situbondo,” ujarnya.

Abu Bakar mengaku, penyebaran virus corona transmisi lokal berlangsung sangat cepat. Gugus tugas sedang mempersiapkan kampung tangguh di Desa Olean dan Desa Tenggir untuk mencegah penyebaran semakin banyak.

BACA JUGA :  SMK Negeri 1 Suboh Terbakar

Sebelumnya, gugus tugas telah mendirikan dapur umum di Desa Tenggir. Ada ratusan warga tersebar di empat RT dilakukan pengetatan isolasi mandiri di rumah mereka masing-masing. Bahkan untuk satu RT dilakukan isolasi khusus. Warga di tempat ini tak diperbolehkan keluar rumah jika tak ada kepentingan mendesak.

Menurut Abu Bakar, dari 65 jumlah total pasien positif di Situbondo, sebanyak 51 pasien dalam perawatan terdiri dari 13 pasien rawat inap di rumah sakit, enam pasien isolasi mandiri, serta 32 pasien di isolasi di hotel Sidomuncul 1 Pasir Putih. Sebagian besar pasien di gedung observasi tersebut merupakan pasien positif kategori OTG atau Orang Dengan Tanpa Gejala.

“Ada juga lima orang PDP (Pasien Dalam Pengawasan) sedang rawat inap di rumah sakit. Doakan semoga semuanya akan sembuh dan jangan lupa patuhi protocol kesehatan Covid,” pintanya.