APWI Ingin Masukkan Situbondo Paket Wisata Bali- Banyuwangi

0
bhasafm
APWI saat melakukan kunjungan kerja ke Situbondo, Senin malam, 5 April 2021 (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Asosiasi Pelestari Wisata Indonesia (APWI), menilai destinasi di Situbondo sangat bagus dan layak dijual. Pemandangan alamnya yang indah dan alami, sangat dirindukan wisatawan lokal maupun mancanegera.

Menurut Ketua Umum APWI, Eka Yuliana, destinasi wisata Situbondo bisa menjadi nomor dua setelah Bali, karena memiliki destinasi wisata Merak-Baluran yang sangat luar biasa. Oleh karena itu, APWI menginginkan wisata di Situbondo jadi paket wisata dengan Bali dan Banyuwangi.

“Itu sebabnya kami datang ke Situbondo sekaligus membawa para agen travel seluruh Indonesia. Selain ingin Famtrip di lima Kabupaten tapal kuda, kami ingin mengenalkan destinasi wisata Situbondo kepada seluruh agen travel,” katanya, ditemui usai Launching Calender of Event Pariwisata 2021, di pendopo Kabupaten, Senin malam kemarin, 5 April 2021.

Eka Yuliana mengatakan, kalau ingin pariwisata di Situbondo maju pesat,  maka pertama yang harus dilakukan yaitu mengenal destinasi wisatanya. Kabupaten Situbondo punya destinasi Merak dan Baluran serta Pasir putih.  

BACA JUGA :  Lagu "Si Udin Bertanya" Kembali Dinyanyikan oleh Denias, dkk

“Kami mendatangkan seluruh biro agent di Indonesia, diantaranya dari Kalimantan, Batam, Lampung, Lombok, Bali, Jateng, Jatim, Bandung dan Jakarta,” bebernya.

Sementara itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi, mengatakan, dirinya mengembangkan wisata Merak-Baluran, karena di kawasan tersebut memiliki delapan destinasi dalam satu kawasan. Meski infrastrukturnya masih terbatas, Bung Karna meminta agar APWI mulai mengenalkan wisata Merak-Baluran.

Bung Karna menambahkan, saat ini Pemkab sedang mematangkan rencana pembangunan rumah singgah atau home stay. Rencananya home stay tersebut akan dibangun di dua pintu masuk yakni di Desa Wonorejo dan Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih.

“Meskipun tempat wisata kami  dalam situasi infrastruktur yang sangat terbatas, kami berharap kawasan Merak-Baluran sudah mulai dikenalkan,” katanya.