Banyak Pelajar Cari Pekerjaan Selama Pandemi agar Bisa Beli Paketan Kuota Sekolah Daring

0
Bhasafm
Pekerja kerajinan semping di Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan ( foto: Zaini Zain )

Situbondo- Sejumlah siswa memilih bekerja di tempat kerajinan selama masa pandemi Corona. Selain berlatih keterampilan, mereka mencari penghasilan sendiri untuk membeli paketan kuota guna bisa mengikuti pelajaran daring dari sekolah.

Salah satu tempat pelajar itu bekerja di tempat kerajinan semping di Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan. Pemilik kerajinan merasa senang, karena bisa ikut motivasi agar para pelajar itu belajar mandiri, serta bisa menghabiskan waktunya dengan kegiatan positif.

Menurut pemilik kerajinan, Aliman, dirinya memberikan kesempatan para pelajar itu belajar keterampilan, karena selama masa pandemi mereka lebih banyak di rumah.  Setidaknya, mereka tidak hanya keluyuran dan tetap mengisi kegiatan positif selama belum masuk sekolah.

“Kami bersyukur mereka mau berlatih keterampilan di sini agar mereka belajar mandiri. Paling tidak mereka tidak keluyuran atau sekedar main game di rumah,” katanya, Minggu, 21 Februari 2021.

BACA JUGA :  Jembatan Syirotol Mustaqim

Aliman menambahkan, dirinya mengelola kerajinan setengah jadi dari salah seorang pengusaha kerajinan di Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan.  Ia tidak bisa membuat kerajinan sendiri karena belum memiliki modal yang cukup.

“Semua bahan bakunya dari pengrajin di Panarukan. Kami hanya mengerjakan setengah jadi lalu di produksi di tempat pengrajin tersebut,” terangnya.

Menurutnya, lesunya ekonomi di masa pandemi membuat sebagian pengrajin kelimpungan.  Pengrajin sangat membutuhkan bantuan modal untuk memulai lagi usahanya.

“Modal pengrajin seperti kami  sangat terbatas. Kami masih mengambil pesanan dari pengrajin lain dan hanya bisa mengerjakan kerajinan produk setengah jadi,” katanya.

Reporter: Zaini Zain