Bawaslu Tertibkan Banner Paslon Bupati dan Wakil Bupati

0
Bhasafm
Bawaslu menertibkan APK pasangan calon Bupati dan calon Wakil Bupati (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Situbondo,  menertibkan Alat Peraga Kampanye Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati. Banner yang bertebaran di sejumlah tempat umum milik dua pasangan calon Karna Suswandi- Ny. Hj Khoirani dan Yoyok Mulyadi-Abu Bakar Abdi ditertibkan.

Penertiban APK paslon Bupati dan Wakil Bupati dilakukan serentak di 17 Kecamatan. Selama proses penertiban berlangsung, Bawaslu dibantu aparat kepolisian, TNI dan Satpol PP.

Menurut Ketua Bawaslu Situbondo, Murtapik, penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) maupun Bahan Kampanye (BK) dilakukan, karena pemasangan APK paslon akan di fasilitasi Komisi Pemilihan Umum.

BACA JUGA :  Pedagang Senang Pemkab Kembali Buka CFD

“Bawaslu baru bisa menertibkan APK setelah adanya penetapan pasangan calon. Begitu perintahnya perundang-undangan,” ujarnya, Sabtu, 26 September 2020.

Murtapik menambahkan, sebelum melakukan penertiban Bawaslu telah mengirim surat kepada masing-masing paslon, partai pengusung maupun tim sukses pemenangan agar melakukan penertiban.

“Ada tahapannya sebelum APK itu kami tertibkan. Kami sudah berkirim surat tertanggal 22 September 2020,” katanya.

Lebih jauh Murtapik mengatakan, bahwa APK pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati akan di fasilitasi KPU. Dua pasangan calon bisa menambah APK sendiri, namun jumlah dan tempatnya ditentukan KPU.

“Untuk APK paslon Bupati dan Wakil Bupati disediakan KPU,” imbunya.