Belum Ada Kepastian Kapan Destinasi Wisata Situbondo Dibuka

0
Bhasafm
Destinasi kampung karang kenik (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Dinas Pariwisata masih terus mengevaluasi kesiapan destinasi wisata, saat new normal sudah diberlakukan di Situbondo. Saat ini, ada beberapa lokasi wisata sudah siap untuk dibuka, namun belum ada kepastian kapan tempat wisata di Situbondo akan dibuka.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Situbondo, Tutik Margiyanti, pihaknya terus melakukan monitoring semua destinasi wisata. Progres monitoring dilaporkan kepada gugus tugas. Dari sejumlah destinasi wisata di Situbondo, ada dua lokasi paling siap untuk dibuka, yaitu Taman Nasional Baluran dan  Kampung Blekok, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit.

“Kita masih terus monitor kesiapan di lapangan, karena ada beberapa persyaratan pemberlakukan new normal di lokasi wisata,” katanya, Senin, 13 Juli 2020.

BACA JUGA :  Bendera Pemicu Kerusuhan Ikut Diamankan Polisi

Menurut Tutik, ada 17 instrumen harus dipersiapkan bagi pengelola destinasi wisata, diantaranya kesiapan fasilitas kesehatan dan keamanan pengunjung. Jika semua destinasi sudah dianggap layak menjalankan prosedur new normal, gugus tugas akan menerbitkan sertifikat new normal ditandatangani Bupati, untuk memastikan wisata itu benar-benar menjamin keamanan pengunjung.

Menurutnya,  saat ini destinasi wisata masih belum bisa dibuka, karena Situbondo belum memasuki zona aman. Kalau pun nantinya akan dibuka, kemungkinan tidak dibuka bersamaan, karena dikhawatirkan menjadi klaster baru penularan Virus Korona.

“Jadi, kita belum tahu, kapan new normal diterapkan. Meski demikian, pengelola diminta untuk mempersiapkan diri,” terangnya.