Bertambah Lagi Pasien Positif Corona di Situbondo Menjadi 56 Orang

0

Situbondo- Jumlah  pasien terkonfirmasi positif di Situbondo terus bertambah menjadi 56 orang.  Ada tambahan lima pasien baru berasal dari Olean Kecamatan Situbondo dinyatakan positif Corona.

Penyebaran virus Corona terbanyak yaitu di Kecamatan Situbondo berjumlah 24 orang. Sedangkan urutan kedua di Kecamatan Panji sebanyak 19 orang. Pasien positif terbesar berasal dari Desa Olean dan Desa Tenggir, semuanya masuk klaster Masjid Baitur Rahman Olean.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Situbondo, Abu Bakar Abdi mengaku sudah menerima hasil Swab kelima pasien positif baru tersebut. Satu dari kelima pasien baru sudah opname di rumah sakit Elizabeth, sedangkan empat orang lainnya masih isolasi mandiri di rumah, karena hotel Sidomuncul 1 Pasir putih sudah penuh.,

BACA JUGA :  Lagi, Hampir Dua Hektar Perkebunan Tebu Terbakar

“Hotel Sidomuncul sudah tak bisa lagi menampung, empat pasien baru masih di isolasi di rumah. Kita nunggu kesiapan kampung tangguh  untuk mengkarantina mereka secara mandiri,” katanya.

Menurut Abu Bakar, saat ini ada 27 pasien positif berada di gedung observasi, serta 12 orang rawat inap. Sebagian besar pasien di gedung observasi diketahui OTG atau Orang Tanpa Gejala. Pasien OTG tersebut harus di isolasi karena bisa menularkan virus  jika berinteraksi dengan masyarakat.  

“Iya, mereka itu seperti orang sembuh tapi terpapar virus Covid-19, bahaya kalau menularkan kepada yang lain,”ujar Abu Bakar.

Abu Bakar menambahkan, saat ini jumlah PDP atau Pasien Dalam Pengawasan sebanyak 39 orang,  meliputi lima orang rawat inap, satu orang meninggal dunia, serta 33 orang selesai pengawasan. Sedangkan Jumlah total Orang Dalam Pemantauan mencapai 439 orang.