Bung Karna Tak Gunakan DTD AKP Penyaluran Bansos Warga Miskin

0
bhasafm
Bupati Situbondo : Karna Suswandi (Bung Karna)

Situbondo-Bupati Situbondo Karna Suswandi alias Bung Karna, menegaskan hanya menggunakan DTKS atau Data Terpadu Kesejahteraan Sosial dalam penyaluran bantuan sosial. Pernyataan Bung Karna ini sekaligus menjawab pertanyaan fraksi PKB, yang menyoal mekanisme penyaluran Bansos.

Di dalam KUA PPAS RAPBD 2021 dijelaskan ada penambahan anggaran bansos sebesar 1,4 milliar. Dengan menggunakan DTKS sebagai dasar penyaluran bantuan, berarti DTD AKP atau Data Tunggal Daerah Analisis Kependudukan Partisipatif sudah tak dipergunakan lagi. DTD AKP sempat dikritisi Bung Karna saat debat calon di JTV.

Menurut Bung Karna, Pemkab menggunakan satu data yang menjadi rujukan nasional yaitu DTKS. Sebab kalau ada beberapa data malah akan membingungkan dalam penyaluran bantuan.

BACA JUGA :  Nasehat Kiai Azaim Untuk Bupati Karna Suswandi

“Kita tinggal update saja setiap tahun untuk memvalidasi data. Untuk penyaluranya kita sandingkan dengan data PKH dan penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT),” ujarnya, ditemui usai paripurna di Kantor DPRD Situbondo, Kamis 4 Maret 2021.

Bung Karna menambahkan, bahwa sasaran Bansos yaitu fakir miskin sesuai Perbup Nomor 22 tahun 2016, yaitu berupa induvidu atau keluarga karena krisis ekonomi atau karena bencana dan lain-lain.

“Pemberian bantuan bansos itu untuk mengurangi beban minimum masyarakat karena faktor-faktor tertentu,” ujarnya.

Reporter : Zaini Zain