Bupati Dadang Optimis Situbondo Beranjak ke Zona Kuning, Syaratnya Masyarakat Patuh Protokol Covid

0
Bhasafm
Gugus Tiugas melakukan razia pakai masker dan sosilisasi protokol kesehatan Covid-19 di alun-alun Situbondo serta melakukan rapid test bagi dua club motor yang ingin jadi relawan Covid-19 (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto, mengaku optimis Kabupaten Situbono segara  beranjak ke zona kuning, jika masyarakat punya kesadaran mengikuti protokol kesehatan Covid. Pernyataan ini disampaikan Bupati saat melakukan razia penggunaan masker, di alun-alun Situbondo, jum’at malam.

Menurut Dadang, protokol kesehatan covid berperan penting mencegah penyebaran Corona. Razia dan sosialisasi di alun-alun Situbondo, akan dilanjutkan ke sejumlah tempat umum lainnya, agar masyarakat memiliki kesadaran ikut mencegah penyebaran Corona, dengan cara mengenakan masker saat di luar rumah.

“Dari pusat kota ini kita mulai menggaungkan pentingnya mematuhi protokol Covid. Nanti kita teruskan ke tempat lain,” kata Dadang, Jum’at, 3 Juli 2020.

Dadang mengaku, tak hanya melakukan sosialisasi di alun-alun Situbondo, pihaknya juga menyambut baik kesediaan dua club motor menjadi relawan. Diharapkan, akan ada relawan-relawan berikutnya di tempat lain yang akan membantu gugus tugas di lapangan.

BACA JUGA :  Khofifah Indar Parawansa Berkunjung ke Ponpes Sukorejo

Oleh karena itu, kata Dadang, saat ini gugus tugas terus berupaya melakukan langkah-langkah taktis, termasuk bekerja ekstra agar klaster Jangkar tidak sampai terjadi penyebaran seperti klaster Olean.

Lebih jauh Dadang mengatakan, jika semua upaya tersebut berjalan baik, maka bukan tidak mungkin Situbondo segara beranjak dari zona merah ke zona kuning. Apalagi,  Saat ini ada 51 pasien sudah sembuh.  Hasil  swab pertama negatif, hanya tinggal menunggu swab kedua untuk benar-benar dinyatakan sembuh.

“Kita sedang proses pengadaan PCR untuk mempercepat mendeteksi dan mempetakan masyarakat dari penyebaran Covid,” pungkasnya.