Cegah Penularan Covid, KPU Mulai Distribusikan APD Penyelenggara

0
Bhasafm
PILKADA: KPU Situbondo mulai mendistribusikan APD untuk penyelenggaraan pemilu ke masing-masing PPK (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Semua penyelanggara Pemilu akan dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD), mengingat pelaksanaan Pilkada berada di masa pandemi.  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Situbondo mulai mendistribusikan APD ke masing-masing Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK).

Dalam waktu dekat, KPU akan melakukan simulasi pencoblosan di tingkat Kecamatan. KPU juga menyiapkan bimbingan teknis bagi penyelenggara, untuk mencegah penularan Covid-19 klaster Pilkada.

Menurut Ketua KPU Situbondo, Marwoto, semua penyelenggara dari semua jenjang akan dilengkapi dengan APD lengkap,  baik PPK, PPS dan KPPS karena pelaksanaan Pilkada 9 Desember mendatang di era new normal

“Simulasi tingkat Kabupaten sudah selesai dilakukan. Untuk tingkat Kecamatan simulasi akan dilakukan 24 November ini,” ujar Ketua KPU Situbondo, Marwoto, Minggu, 22 November 2020.

BACA JUGA :  KPU Situbondo Libatkan Penyandang Disabilitas Bekerja Lipat Surat Suara

Marwoto menjelaskan, semua APD sudah dikirim ke PPK, diantaranya tempat cuci tangan, masker, hand sanitizer, sprayer atau alat semprot, Baju Hazmat, Face Shield serta Sarung Tangan.

“Untuk alat kelengkapan TPS akan dikirim KPU ke PPK pada tanggal 5 Desember mendatang,”  terang Marwoto.

Seperti diketahui. Ada 493.441 Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Situbondo.  Mereka tersebar di 136 Desa dan Kelurahan dengan jumlah TPS sebanyak 1.305. Dari jumlah DPT tersebut ada 1.631 pemilih disabilitas yang memerlukan peralatan tambahan untuk memudahkan menggunakan hak pilihnya di TPS.