DPRD Situbondo Usulkan Pelantikan Karna Suswandi-Ny. Hj. Khoirani ke Mendagri

0
bhasafm
PARIPUNA ISTIMEWA : DPRD Situbondo umumkan Bupati dan Wakil terpilih hasil Pilkada 9 Desember ( foto : Zaini Zain )

Situbondo- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Situbondo, menggelar rapat paripurna istimewa dengan agenda pengumuman Bupati dan Wakil Bupati terpilih pasangan Karna Suswandi dan Ny. Hj. Khoirani, Kamis kemarin.

Paripurna istimewa yang dipimpin Ketua DPRD Edy Wahyudi, sekaligus sebagai tindak lanjut hasil penetapan KPU atas pasangan Karna Suswandi dan Ny. Hj. Khoirani. Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati baru hanya tinggal menunggu SK Mendagri.

Selain itu, Rapat paripurna istimewa DPRD, juga mengumumkan pengusulan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati periode 2016-2021, yang masa jabatannya akan berakhir 17 februari 2021 mendatang.

Menurut Wakil Ketua DPRD Situbondo, Abdurrahman, sebagai tindak lanjut dari rapat paripurna istimewa, DPRD akan segera berkirim surat kepada Mendagri melalui Gubernur Jawa Timur. Surat yang akan dikirim ada dua yaitu pengusulan pemberhentian Bupati lama dan pelantikan Bupati baru.

“Surat pengusulan pemberhentian dan pengusulan pelantikan Bupati terpilih akan dikirim hari Jum’at ini. Semua berkas sudah dipersiapkan,” kata politisi PPP itu ditemui usai rapat paripurna, Kamis, 18 Januari 2021.

BACA JUGA :  Peluncuran Golden Wood Coffee Tumbuhkan Harapan Baru Penggiat Kopi Kayumas

Abdurrahman menambahkan, pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih akan dilakukan di ibu kota Jawa Timur di Surabaya. Pelantikan hanya akan dihadiri Bupati dan Wakil Bupati terpilih bersama keluarga. Sedangkan Forkopimda akan mengikuti pelantikan secara virtual karena alasan pandemi.

“Jadwalnya kapan masih belum. Tapi  hasil rapat koordinasi pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih akan dilakukan dengan penerapatan protokol kesehatan,” ujarnya. Seperti diketahui. KPU Situbondo telah menetapkan pasangan Karna Suswandi dan Ny. Hj. Khoirani sebagai Bupati dan Wakil Bupati Situbondo. Berdasarkan hasil rekapitulasi, pasangan Karna Suswandi-Ny. Hj. Khoirani, memperoleh 200.591 suara atau meraih dukungan 53%, mengungguli pasangan Yoyok Mulyadi-Abu Bakar Abdi yang meraih 178.032 suara atau 47%.