Gara-Gara Lilin, Lima Rumah Warga Ludes Terbakar

0
Bhasafm
Ludes-lima rumah warga ludes terbakar. Api bersumber dari lilin saat listrik sedang padam (foto: Ist)

Situbondo- Hati-hati menghidupkan lilin saat listrik sedang padam. Gara-gara lilin lima rumah warga ludes terbakar di Dusun Mandar Barat, RT/RW,01/02, Desa Blimbing, Kecamatan Besuki.

Kebakaran dahsyat yang menghanguskan lima rumah itu terjadi sekitar pukul 1 dini hari kemarin. Salah seorang warga nyaris terjebak di tengah kobaran api saat hendak memadamkan api dan menyelamatkan istri serta anaknya.

Kebakaran bermula saat lampu sedang  padam sekitar pukul 00.15 WIB. Salah seorang warga menyalakan lilin untuk penerangan. Berselang satu jam kemudian, tanpa diduga lilin dari rumah salah seorang warga bernama Amsyar, (40), mengenai korden di bagian tengah rumah .

Api pertama kali diketahui Amsyar yang baru datang membeli dagangan bensin. Amsyar berusaha memadamkan api namun nyaris terjebak di tengah kobaran api. Api kian membesar setelah menyambar botol bensin dagangan.

BACA JUGA :  Tingkat Kesembuhan Pasien Corona Tinggi, Kabupaten Situbondo Kembali Masuk Zona Kuning

Dalam sekejap kebakaran merembet ke rumah lainnya yang jaraknya berdekatan. Para pemilik rumah yang panik berhamburan keluar rumah sambil berteriak meminta tolong. Warga berusaha memadamkan dengan peralatan seadanya,  namun api yang sudah membesar sulit di padamkan. Api baru benar-benar bisa dipadamkan sekitar pukul 02.15 WIB.

Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono, mengatakan, lima rumah semi permanen yang terbakar letaknya berdekatan karena masih satu keluarga, masing-masing  milik Amsyar, Amsyari, Jamilah, Jamal dan Reza.

Menurut Puriyono, lima rumah yang terbakar semuanya rusak total.  Satu unit mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Situbondo yang ada di Besuki diterjunkan ke lokasi membantu memadamkan api.

“Karena semuanya rusak total kerugian ditaksir sekitar Rp. 400 jutaan,” terangnya.