Gugus Tugas Perketat Karantina Ratusan Warga Empat RT di Desa Tenggir

0
Bhasafm
Juru bicarra gugus tugas Covid-19 Abu Bakar Abdi (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Gugus Tugas Covid-19 Situbondo menerapkan karantina khusus bagi ratusan empat RT di Desa Tenggir, Kecamatan Panji. Pasalnya, di empat  RT tersebut merupakan daerah terbanyak terpapar virus Corona maupun rekatif hasil rapid test.

Gugus Tugas meminta warga di empat RT tak keluar rumah, jika tak memiliki kepentingan mendesak. Untuk memenuhi kebutuhan warga, gugus tugas telah mendirikan dapur umum.  Pengetatan karantina warga masing-masing di lingkungan RT 01/RW 07. RT 02/RW 07, serta RT 01/RW 08, dan RT 02/RW 08.

Juru bicara gugus tugas Covid-19, Abu Bakar Abdi, mengatakan, pengetatan karantina warga di empat RT dilakukan, karena kasus positif dan reaktif di RT tersebut cukup tinggi. Bahkan khusus RT 02/RW 07 Desa Tenggir, warga dilarang ke luar rumah kecuali ada kepentingan mendesak.

BACA JUGA :  Bupati Dadang Optimis Situbondo Beranjak ke Zona Kuning, Syaratnya Masyarakat Patuh Protokol Covid

“Ketentuan tetap di rumah sebenarnya berlaku untuk setiap warga, namun khusus di desa tenggir kami lebih diperketat lagi,” katanya

Abu Bakar menambahkan, semua warga sudah menyatakan siap mematuhi anjuran ketentuan protokoler kesehatan Covid. Oleh karena itu, Desa Tenggir sekaligus akan dijadikan percontohan isolasi mandiri desa tangguh, yaiu desa yang secara mandiri melakukan gerakan mandiri untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Dapur umum sudah kita siapkan dengan menu lauk pauk yang memenuhi standar untuk warga empat RT yang sedang karantina di rumah,” paparnya.