Komisi IV DPRD Situbondo Segera Bahas Peluang GTT Dapat Honor Dari Dana BOS

0
Bhasafm
Sosialisasi-Komisi IV DPRD Situbondo melakukan sosialisasi perubahan Permendikbud (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Komisi IV DPRD Situbondo menginginkan semua guru honorer atau Guru Tidak Tetap (GTT), mendapatkan honor melalui Dana BOS (Biaya Operasional Sekolah), menyusul adanya Perubahan Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud).

Dalam Permendikbud Nomor 19 tahun 2020, bahwa GTT tak diharuskan memiliki NUPTK atau Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan, untuk mendapatkan honor dari dana BOS.

Anggota Komisi IV DPRD Situbondo, Tolak Atin berharap Pemkab Situbondo mengakomodir GTT agar bisa menerima honor melalui dana BOS. Sebab perubahan Permendikbud tersebut menjadi jalan keluar terhadap persoalan GTT di Situbondo.

BACA JUGA :  Buntut Kerusuhan Kegiatan PSHT Divakumkan

“Ini peluang menyelesaikan masalah GTT yang selama ini terjadi di Situbondo,” katanya, Minggu, 12 Juli 2020.

Menurut Tolak Atin, ada beberapa syarat GTT bisa mendapat honor melalui dana BOS, diantaranya terdaftar data pokok pendidikan (Dapodik) per  31 Januari 2019.  Oleh karena itu, ia mengaku akan segera berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Situbondo, untuk membahas perubahan Permendikbud tersebut.

“Kami di DPRD sudah melakukan sosialisasi tentang perubahan Permendikbud. Selanjutnya kami ingin menyamakan persepsi dengan Dinas (Dispendikbud) agar penerapan perubahan Permendikbud nantinya tepat sasaran dan terasa asas manfaatnya bagi GTT,” terang Tolak Atin.