KPU Situbondo Libatkan Penyandang Disabilitas Bekerja Lipat Surat Suara

0
Bhasafm
SURAT SUARA: KPU melibatkan penyandang disabilitas untuk bekerja penyortiran dan pelipatan surat suara Pilkada 2020 (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Situbondo, mulai melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati. Pelipatan surat suara ini melibatkan penyandang disabilitas.

Pelipatan surat suara di pusatkan di GOR Baluran Jalan PB Sudirman dengan penjagaan ketat aparat kepolisian. Para pekerja juga dilakukan screening  tes suhu tubuh untuk mencegah penularan Covid-19.

Menurut Ketua KPU Situbondo, penyortiran dan pelipatan surat suara melibatkan 70  pekerja perempuan. Dari jumlah pekerja itu ada 11 orang pekerja penyandang disabilitas.

BACA JUGA :  Road Show Buletin Al Khidmah MQ

“Kami melibatkan ibu-ibu rumah tangga untuk pelipatan surat suara ini,” katanya, Rabu, 25 November 2020.

Marwoto menambahkan, pihaknya manargetkan pelipatan surat suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati akan rampung selama tiga hari. Setelah rampung pelipatan masih akan dilakukan pengepakan sesuai jumlah pemilih di TPS.

Marwoto mengatakan, pelipatan surat suara menerapkan protokol kesehatan. Selain harus mengenakan masker dan mengatur jarak para pekerja, para pekerja juga dilakukan pengetesan suhu tubuh dan cuci tangan sebelum masuk ruangan.