Memprihatinkan, Nenek 95 Tahun Tinggal di Rumah Gedhek

0
Bhasafm
Rumah Gedhek-Beginilah kondisi rumah nenek Suharia (95) di Dusun Lebuk RT 01 RW 01, Desa Sumberejo, Kecamatan Banyuputih (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Seorang nenek lanjut usia tinggal di rumah tak layak. Nenek Suharia tinggal di rumah gedhek di Dusun Lebuk RT/RW 01/01, Desa Sumberejo, Kecamatan Banyuputih.

Kondisi nenek berusia 95 tahun itu memang sangat memprihatinkan. Himpitan ekonomi  yang pas-pasan membuatnya harus bertahan hidup di rumah yang tak layak di usianya yang mulai senja.

Nenek Suharia bisa  jadi salah satu potret kemiskinan yang selama ini luput dari perhatian Pemerintah. Konon, nenek Suharia tak pernah mendapat bantuan renovasi rumah layak huni program pemerintah, meski kondisi rumahnya sudah terbilang jauh sangat  dari kata layak.

BACA JUGA :  Numpang Nginap Lalu Curi Uang Tuan Rumah

Menurut Sumami, anak Nenek Suharia, rumah orang tuanya konon pernah di foto dan akan diajukan untuk menerima bantuan, namun hingga kini belum ada kabar kelanjutannya.

“Dulu rumah ibu pernah direhab sendiri karena khawatir roboh,” katanya.

Ironisya, Nenek Suharia ternyata tidak masuk daftar penerima BST atau Bantuan Sosial Tunai Kementerian Sosial. Beruntung, Nenek Suharia masih tercover BLT Desa untuk program jaring pengaman sosial di masa pandemi Corona.