Operasi Zebra, Polisi Prioritas Tindak Anak di Bawah Umur Nekat Naik Motor

0
Bhasafm
Polres Situbondo akan melaksanakan operasi Zebra Semeru 2020 selama 14 hari kedepan (foto; Zaini Zain)

Situbondo- Polres Situbondo mulai menggelar operasi Zebra Semeru 2020. Operasi tertib berlalulintas di jalan raya itu ditandai dengan apel pasukan di halaman Mapolres Situbondo, Senin pagi kemarin.

Ada tujuh prioritas operasi zebra kali ini, salah satunya menindak anak di bawah umur yang nekat mengendarai sepeda motor di jalan raya. Selain itu, polisi akan menindak pengendara mabuk, pengendara sambil main telepon genggam serta tidak mengenakan helm standar.

Menurut Kasat Lantas Polres Situbondo, Indah Citra Fitriani, operasi zebra akan berlangsung selama 14 hari. Operasi zebra kali ini juga akan memberikan pengamanan saat libur panjang.

BACA JUGA :  Jum'at Bersih Ponpes Sukorejo

Indah mengaku, selain tujuh prioritas operasi zebra, anggota Satlantas di lapangan juga mendapat tugas tambahan, yaitu memberi himbauan dan teguran bagi pengendara tak memakai masker saat berkendara.

“Karena sekarang masih suasana pandemi maka petugas harus menegur pengendara yang tak mematuhi protokol kesehatan Covid-19,” katanya

Indah menambahkan, mengingat operasi zebra bersamaan dengan libur panjang, pihaknya akan melakukan antisipasi adanya arus balik karena dikhawatirkan terjadi penumpukan kendaraan. Penumpukan kendaraaan bisa memicu terjadinya kemacetan dan berpotensi penyebaran Covid.

“Kami akan terus pantau di lapangan untuk pengamanan libur panjang ini,” ujarnya