Pemkab Matangkan Rancangan Perbup New Normal

0
Bhasafm
Rapat rancangan Perbup tentang penerapan new normal (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Pemkab Situbondo terus menggodok Rancangan Peraturan Bupati (Perbup) pedoman new normal atau tatanan hidup baru. Kali ini, rapat melibatkan sejumlah Kepala OPD serta Kapolres dan Dandim.

Rapat yang berlangsung di ruang Baluran Pemkab Situbondo dipimpin Sekretaris Daerah Syaifullah. Dalam rapat tersebut dibahas tahap sosialisasi dan pra kondisi pembinaan kepada masyarakat, serta penerapan PHBS atau Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

Dalam paparannya, Sekda juga menyampaikan pencegahan Covid-19 di masa new normal meliputi delapan tatanan, diantaranya rumah tangga, sekolah, rumah ibadah, pesantren, tempat kerja, transportasi, kegiatan sosial dan kegiatan olahraga. Selain itu, juga dibahas tentang pemberian sanksi administrasi bagi warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

BACA JUGA :  Nenek Sunariya, Sudah 30 Tahun Jadi Pedagang Ikan

Kapolres Situbondo AKBP Sugandi, menyarankan agar penerapan new normal harus ditunjang kesiapan sarana dan prasana sesuai protokol kesehatan. Tren  pasien positif saat ini juga menentukan pemberlakukan new normal di masyarakat.

“Kami juga berharap agar masing-masing OPD untuk menyiapkan konsep di bidang masing-masing yang didukung oleh kesiapan infrastruktur pendukung,” kata Kapolres.