Pemkab Siapkan 900 Hektar Lahan Kering Untuk Tanaman Sorgun

0
Bhasafm
Bupati Situbondo Dadang Wigiarto ikut panen tanaman sorgun (bulir) (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (DTPHP) Pemkab Situbondo, akan menyiapkan sekitar 900 hektar untuk tanaman sorgun atau bulir. Pernyataan ini disaimpaikan Kepala DTPHP, Sentot Sugiyono, usai mendampingi Bupati Dadang Wigiarto, memanen sorgun di Desa Ketoan, Kecamatan Arjasa, Jum’at kemarin.

Menurut Sentot, tanaman sorgun bukan hanya jadi makanan alternatif pengganti beras, melainkan bisa dijadikan bahan baku industri makanan.

“Yang baru dipanen ini lahan masyarakat dan mereka menanam sendiri,” kata Sentot

Menurut Sentot, sentra tanaman sorgun akan di fokuskan di sejumlah Kecamatan di wilayah timur, yaitu mulai Kecamatan Kapongan hingga Banyuputih, mengingat jenis tanam sorgun memang cocok untuk lahan marginal atau lahan yang kekurangan air.

BACA JUGA :  Lampu Pasar Asembagus Sempat Mati, Pedagang Pasar Minta Pemkab Tak Korbankan Rakyat Kecil

Sentot menambahkan, tanaman sorgun ini sempat berkembang sebagai tanaman lokal. Selama ini, penanamannya dilakukan perorangan dan dimanfaatkan warga hanya untuk pakan ternak.

“Kedepan akan kita kembangkan lebih unggul melalui kelompok petani sorgun. Tentu perlu bibit yang unggul juga untuk mengembangkan tanaman sorgun ini,” ujarnya.

Sentot mengatakan, Pemerintah akan mengaktifkan lagi tanaman sorgun untuk lahan-lahan kering yang selama ini kekurangan air. Musim tanamnya tentu menunggu musim hujan.

“Dari data penyuluh dilapangan ada sekitar 900 hektar lahan siap ditanami sorgun,” ujarnya