Penyaluran Bantuan Sembako Kepada Warga Miskin Dari Zakat Mal Bupati

0
bhasafm
Bupati Situbondo Karna Suswandi, saat melakukan safari Ramadhan Bersama Rakyat ( foto : zaini zain )

Situbondo-Bupati Situbondo   Karna  Suswandi dan Wakil Bupati Ny. Hj. Khorani, setiap hari blusukan menyalurkan bantuan paket sembako. Penyaluran bantuan dilakukan sejak awal puasa kepada warga miskin dikemas dalam bentuk kegiatan “Ramadhan Bersama Rakyat”.

Ada 15 ribu paket sembako akan disalurkan kepada kaum dhuafa’ tersebar di 132 Desa dan Empat  Kelurahan. Setiap hari, Bupati dan Wakil Bupati turun menemui masyarakat menyalurkan langsung bantuan tersebut. Belakangan kegiatan sosial Bupati dan Wakil Bupati mengusik sebagian kalangan. Mereka mempertanyakan asal usul bantuan yang disalurkan Bupati dan Wakil Bupati.

BACA JUGA :  PMI Gelar Donor Darah Massal Sehabis Buka Puasa

Menurut Plt. Kepala Dinas Sosial Pemkab Situbondo, Samsuri,  bantuan paket sembako itu berasal dari zakat mal Bupati. Bupati meminta bantuan Dinsos untuk ikut membantu proses penyalurannya.

“Penyaluran bantuan paket sembako itu bersumber dari zakat mal Bupati. Kegiatan tersebut merupakan keinginan bupati sendiri ingin memberikan zakat malnya kepada rakyat dalam bantuan paket sembako,” katanya.

Samsuri mengatakan, pihaknya tidak mengetahui jumlah sumber dana sekaligus para penerima, karena bantuan tersebut tidak bersumber dari APBD. Dinsos hanya diminta mambantu mendistribusikan kepada penerima.

 “Bupati meminta kami di dinas sosial ikut menyalurkan dan  melibatkan tenaga Tagana, TKSK dan Pendamping PKH,” terangnya.

Reporter : Zaini Zain