Penyebaran Virus Corona Terus Meningkat, Begini Tanggapan Istri Bupati Dadang Wigiarto

0
Bhasafm
Umi Kulsum (Istri Bupati Dadang Wigiarto), saat memberikan keterangan pers di Kantor DPRD Situbondo (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Umi Kulsum, isti Bupati Dadang Wigiarto menanggapi terus meningkatnya jumlah pasien Covid-19 di Situbondo. Umi Kulsum yang juga anggota DPRD Situbondo, mengingatkan masyarakat untuk selalu disiplin mematuhi protokol kesehatan Covid.

Umi Kulsum menilai, bahwa cara paling efektif memutus mata rantai penyebaran Corona yaitu perilaku masyarakat sendiri.  Selain berperilaku hidup bersih dan sehat, masyarakat harus mengenakan masker dan jaga jarak.

“Memang tidak boleh takut, tapi harus selalu waspada,” katanya saat ditemui di Kantor DPRD Situbondo, Senin, 03 Agustus 2020.

Umi Kulsum menambahkan, saat ini masyarakat seolah sudah biasa dengan Covid. Begitu juga dengan Satgas Covid ditingkat desa sudah terlihat tak seperti awal-awal Corona masuk ke Situbondo.

Ia mengaku perlu terus dilakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat protokol kesehatan Covid. Sebab tanpa adanya kesadaran bersama, akan sulit memutus penyebaran Corona.

BACA JUGA :  Pasien Corona di Situbondo Mencapai 503 Orang, Meninggal 43 Orang

Untuk penyebaran Corona klaster PT PMMP di Desa Landangan, Kecamatan Kapongan, Umi Kulsum menilai penularan Corona di PT Salem kemungkinan karena kedodoran di luar. Dirinya mengaku sudah melihat penerapan protokol kesehatan di perusahaan Salem itu cukup ketat.

“Saya sudah melihat disana cukup ketat menerapkan protokol Covid, kemungkinan kedodorannya di luar kemudian dibawa kesana (PT Salem). Mudah-mudahan tidak terus bertambah,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya. Penyebaran Corona di Situbondo kian tak terkendali. Ada tambahan 37 pasien baru terkonfirmasi positif corona dan 22 diantaranya merupakan karyawan PT Salem.

Selain itu, ada juga delapan petugas kesehatan (Nakes)  dan tiga orang warga binaan rutan Situbondo terkonfirmasi positif Corona. Ada juga empat pasien baru masih diselidiki asal usul tertularnya.