Perbaikan Sekolah Rusak Akibat Bencana Alam Jadi Prioritas

0
SDN 1 Sumber Argo, Kecamatan Sumbermalang (fotodok)

Situbondo-Sejumlah sekolah rusak akibat bencana alam selama musim penghujan tahun ini, akan diprioritaskan perbaikannya. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemkab Situbondo, sudah melaporkan beberapa sekolah yang rusak bahkan nyaris ambrol.

Salah satunya SDN 1 Sumber Argo, Kecamatan Sumbermalang. Sekolah ditempat ini nyaris ambrol, karena terjadi tanah longsor di awal Februari 2021 lalu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Situbondo, Junaidi, mengatakan,  dirinya sudah melaporkan empat sekolah yang rusak akibat bencana alam. Perbaikan sekolah itu tentu menjadi prioritas karena bisa dianggarkan menggunakan dana kedaruratan.

BACA JUGA :  Lagu Cari Berkah Dinyanyikan Selvi, Hesty, Nuri dan Andrigo

“Sudah kami laporkan dan langsung ditindak lanjuti BPBD, Dinsos dan Dinas PUPR. Untuk perbaikannya menjadi kewenangan Bupati dan Tim Anggaran,” katanya.

Junaidi menambahkan, untuk masalah kerusakan infrastruktur akibat bencana alam, ada beberapa pihak terlibat di dalamnya. Seperti sekolah nyaris ambrol karena longsor, maka kewenangan teknis berada di Dinas PUPR agar tangkisnya juga diperbaiki.

“Kalau ada sekolah swasta yang ambruk akibat bencana alam, itu jadi tanggung jawab yayasan. Kalau mereka mengajukan bantuan mungkin akan dianggarkan melalui bantuan  dana hibah,” paparnya.

Reporter : Zaini Zain