Permintaan Ternak Bebek ke Luar Daerah Turun Drastis Selama Pandemi

0
Bhasafm
Permintaan ternak bebek daging menurun drastis selama masa pandemi Corona (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Permintaan bebek daging ke luar daerah menurun drastis selama masa pandemi Corona. Akibatnya, harga bebek menjadi lebih murah karena kurangnya permintaan pasar.

Salah seorang suplayer bebek, Muhammad Hidayatullah mengaku, selama ini pengiriman terbesar ternak bebek asal sejumlah Kabupaten di tapal kuda ke pulau Denpasar Bali.  Sejak masa pandemi permintaan pasar sudah berkurang.

Muhammad menjelaskan, umumnya suplayer memasok ternak bebek daging ke restoran. Namun sejak tempat wisata sepi karena pandemi, otomatis permintaan barang menjadi berkurang.

“Kalau permintaan pasar berkurang harga pasti murah,” katanya, Senin, 12 Oktober 2020.

Saat  ini kata Muhammad, banyak pedagang mengirim ternak bebek daging ke pulau Madura. Meski permintaan pasar tak sebesar di pulau Bali, namun pulau Madura menjadi pasar alternatif di masa pandemi ini.

BACA JUGA :  Naik Sepeda Blusukan Bagikan Masker, Gubernur Jawa Timur Dorong UMKM Segera Bangkit

“Beberepa teman saya bercerita satu bulan bisa mengirim 10 ribu bebek ke Madura,” ujar pria asal Besuki yang cukup lama menjadi suplayer bebek di Bali.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pemkab Situbondo, Muhammad Hasanudin Riwansa, membenarkan berkurangnya permintaan pasar bebek daging ke luar daerah selama pandemi.

“Iya betul, sangat siginifikan penurunan permintaan pasar terutama ke Bali,” katanya melalui pesan singkat.