Petugas Gabungan Sidak Swalayan Penjual Makanan dan Minuman

0
Bhasafm
SIDAK-Petugas gabungan menyisir makanan dan minuman untuk melindungi para konsumen (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Petugas gabungan melakukan inspeksi mendadak makanan dan minuman ke sejumlah swalayan di kawasan kota, Selasa kemarin. Hasilnya, petugas menemukan sejumlah makanan dan minuman tidak layak konsumsi agar ditarik dan tidak diperjual belikan lagi.

Inspeksi mendadak ini dilakukan Dinas Perdagangan dan perindustrian, melibatkan aparat kepolisian, Satpol PP dan Lembaga Konsumen Indonesia. Petugas gabungan menyisir makanan dan minuman untuk melindungi para konsumen.

Menurut Kasi Pengawasan dan Kemetrologian, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Situbondo, Hevin Switerson, selama melakukan sidak pihaknya menemukan makanan dan minuman sudah rusak serta kadaluarsa.

BACA JUGA :  Ruang Intelligence Room Pemkab Situbondo Ditutup Sementara

Hevin menambahkan, kaleng minuman sudah penyok atau rusak sudah tidak layak dikonsumsi, karena dapat mengeluarkan bahan kimia yang berbahaya. Oleh karena itu, pihaknya langsung membuat surat teguran, agar makanan dan minuman semacam itu tak dipajang lagi di etalase.

Hevin mengaku, pihaknya akan terus melakukan monitoring penjualan makanan dan minuman, karena menjelang hari raya idul fitri perimintaan pasar terus meningkat. Bagi swalayan yang sudah mendapat surat peringatan masih ketahuan menjual makanan dan minuman tidak layak, akan diberi sanksi tegas sesuai ketentuan yang berlaku.