PG Olean Belum Giling Karena Kekurangan Tebu, Pekerja Musiman Meradang

0
Bhasafm
Pekerja musiman ngeluruk PG Olean (foto: Zaini Zain)

Situbondo-Pabrik gula Olean belum bisa giling karena kekurangan bahan baku tebu.Akibatnya, ratusan pekerja musiman yang bisa bekerja saat musim giling tebu di  PG Olean meradang.

Para pekerja musiman ini ngeluruk kantor PG setempat, Kamis pagi kemarin. Mereka mempertanyakan nasibnya, karena hingga kini PG Olean belum ada kejelasan kapan PG Olean akan  giling, mengingat sejumlah PG lainnya sudah mulai giling.

Selama menyampaikan aspirasinya, para pekerja musiman ini juga sempat membentangkan poster di pintu masuk PG Olean. Para pekerja musiman ini langsung ditemui jajaran manajemen termasuk General Manager (GM) PG Olean.

Asisten Manager Tehnik  PG Olean, Buhari, mengatakan, saat ini PG Olean masih kekurangan bahan baku tebu untuk giling. Tebu yang tersedia baru 60 ton, padahal kebutuhan giling mencapai 135 ton. Jika PG tetap mamaksakan giling 60 ton tebu, maka pihak PG akan merugi sekitar 19 miliar.

BACA JUGA :  Uji Coba CFD di Jalan Irian Jaya Sekaligus Sambut Rombongan Gowes Gubernur Jatim

“Kekurangan  tebu di PG Olean disebabkan karena banyak tebu Situbondo dijual ke luar daerah,” terangnya.

Menurut Buhari, saat ini para petani tebu Situbondo banyak menjual tebunya ke luar daerah. Bahkan, setiap hari tercatat sekitar 400 hingga 500 truk tebu dijual ke luar daerah.

“Pihak manajemen PG Olean belum bisa memastikan bisa giling atau tidak tahun ini karena kekurangan tebu,” ujarnya.