Pimpin Acara Deklarasi, Bupati Himbau Masyarakat Waspada Adu domba Berita Hoax

0
Bhasafm
Deklarasi Dan Pernyataan Sikap Menolak Kekerasan Anarkis dan Berita Hoax (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Berita hoax yang bertebaran di linimasa media sosial, menjadi perhatian serius Pemkab dan Polres Situbondo. Bupati memimpin deklarasi pernyataan sikap menolak kekerasan anarkis dan berita hoax.

Deklarasi dihadiri Kapolres Situbondo dan Dandim 0823, Forum Kerukunan Umat Beragama serta sejumlah elemen masyarakat lainnya. Ada empat poin pernyataan sikap deklarasi bersama, yaitu mewujudkan Kamtibmas Kabupaten Situbondo yang Kondusif, Aman dan Damai.

Selain itu, deklarasi bersama juga menolak segala bentuk kekerasan dan tindakan anarkis di Kabupaten Situbondo. Menolak penyebaran berita hoax, serta penyampaian aspirasi dilakukan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

BACA JUGA :  Kunker Bu Gubernur

Menurut Bupati Dadang Wigiarto, deklarasi ini dilakukan setelah mencermati situasi keamanan dan ketertiban masyarakat belakangan ini. Bupati mengajak masyarakat waspada adu domba berita hoax melalui media sosial.

“Harus waspada dengan berita hoax karena bisa menimbulkan situasi tidak kondusif,” katanya, Jum’at, 16 Oktober 2020.

Dadang mengaku, Pemerintah tidak melarang masyarakat menyampaikan aspirasinya karena hal itu dijamin undang-undang. Meski demikian, penyampaian aspirasi juga harus melalui ketentuan perundang-undangan.