Pondok Pesantren Fatchul Huda Akan Siapkan Asrama Khusus ODGJ dan Orang Tua Jompo

0
Bhasafm
Peresmian dan peletakan batu pertama yayasan Pondok Pesantren Fatchul Huda (foto Ist)

Situbondo- Yayasan Pondok Pesantren Fatchul Huda tak hanya mengembangkan dunia pendidikan, melainkan memberikan pelayanan sosial untuk pengobatan ODGJ atau Orang Dengan Gangguan Jiwa.  Saat ini, Yayasan yang beralamat di Dusun Curahtemu, Desa Sumberanyar, Kecamatan Banyuputih, sudah memulai proses pembangunan gedungnya secara swadaya.

Menurut Pembina Yayasan, Andika Susanto, pihaknya akan menampung ODGJ yang sedang di rawat di rumah maupun yang berkeliaran di jalan-jalan. Mereka akan ditampung di asrama khusus untuk dilakukan pengobatan secara medis maupun melalui metode rukyah.

“Yayasan kami ini nantinya menyiapkan asrama khusus bagi ODGJ. Hal ini untuk memanusiakan ODGJ yang selama ini terkesan terkucilkan di tengah masyarakat bahkan dibiarkan berkeliaran di jalan-jalan,” ujarnya ditemui usai peletakan batu pertama pembangunan Yayasan  Pondok Pesantren Fatchul Huda.

BACA JUGA :  Hormati Hari Santri, Anggota Polisi Pakai Sarung dan Peci

Andika mengaku, pembangunan pesantren dilakukan secara bertahap karena anggarannya secara swadaya. Setelah merampungkan pembangunan Mushalla, baru akan dilanjutkan untuk pembangunan asrama ODGJ.

Andika menambahkan, untuk pengembangan pendidikan, Yayasan  Pondok Pesantren Fatchul Huda sudah mulai menerima siswa MTQ dan Madrasah Ibtida’iyah. Proses pembelajaran masih menggunakan ruangan  kelas di luar yayasan.

“Sebagai pesantren yang mengembangkan pelayanan sosial dan majelis dzikir, nanti kami juga akan menyiapkan asrama bagi orang tua jompo miskin yang selama ini hidup sebatang kara. Kita berdayakan para lansia itu disini,” ujarnya.