Rapat Yudisium Asrama MQ

0
Bhasafm
Koordinator bidang pendidikan asrama MQ tafsir dan MQ Idadiyah menggelar rapat yudisium pasca ujian akhir semester ganjil periode 2020-2021 (foto: Tim Salaf)

Situbondo- Koordinator bidang pendidikan asrama MQ tafsir, dan MQ i’dadiyah menggelar rapat yudisium kemarin. Rapat ini dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti hasil ujian akhir semester ganjil periode tahun 2020-2021. Rapat ini bertempatkan di perumahan MQ, mulai pukul 20.30 sampai selesai.

Koordinator bidang pendidikan asrama MQ putra, ustadz Nurus Shodiq, mengkoordinir proses belajar mengajar di asrama MQ tafsir, dan MQ i’dadiyah. Rapat yudisium ini merupakan bentuk evaluasi bagi para ustadz ustadzah terkait dengan hasil ujian semester ganjil.

Santri MQ yang mendapatkan nilai UAS ganjil tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal atau KKM, akan mendapatkan bimbingan khusus. Pembimbing untuk hal ini diamanahkan pada ketua kamarnya, dan mu’alim materi tertentu yang nilainya kurang.

BACA JUGA :  Pengajian Maulid Simtud Duror

Asrama MQ tafsir ini terdiri atas tiga kamar, yakni MQ 12, MQ 15, dan MQ 18. Materi di asrama MQ sufla adalah ilmu alat dengan kitab kailani, dan kitab jurumiyah. Materi di asrama MQ wustho adalah fiqih, sedangkan materi di asrama MQ ulya adalah kitab tafsir, dan ushul tafsir.

Ujian akhir semester ini dilaksanakan dua kali dalam setahun, yakni semester ganjil dan semester genap. Sementara itu, materi untuk santri MQ i’dadiyah mengikuti dengan kurikulum yang berlaku di madrasah i’dadiyah.