Sehari Ada Tambahan 37 Pasien Baru Positif Corona di Situbondo

0
Bhasafm
Ratusan karyawan PT salem dilakukan tes swab massal (foto: doc)

Situbondo- PT Panca Mitra Multi Perdana (PMMP) menjadi klaster baru penyebaran Corona di Situbondo. Saat ini ada tambahan 37 pasien baru terkonfirmasi positif Covid-19 dan 22 pasien diantaranya berasal dari PT PMMP atau PT Salem di Desa Landangan, Kecamatan Kapongan.

Tak hanya karyawan asal Situbondo terpapar Corona di perusahaan ekspor pengepakan udang tersebut. Kabarnya, ada 56 karyawan asal Bondowoso juga masuk klaster PT Salem. Untuk 22 karyawan asal Situbondo terkonfirmasi positif berasal dari 10 Kecamatan. Terbanyak berasal dari Desa Landangan, Kecamatan Kapongan yaitu enam orang pasien, serta lima orang pasien merupakan karyawan asal Desa Besuki, Desa Blimbing dan Desa Widoropayung, Kecamatan Besuki.

Menurut Satgas Covid-19 Situbondo, Dadang Aries Bintoro, untuk 22 karyawan PT Salem sudah dikarantina di tempat yang disediakan pemerintah. Satgas memerintahkan pihak perusahaan agar membentuk Satgas penanganan Covid.

Dadang menambahkan, Satgas juga meminta pihak perusahaan mengambil langkah taktis memutus penyebaran Covid, baik di lingkungan perusahaan maupun alat transportasi angkutan karyawan, termasuk memperketat pemberlakuan protokol kesehatan Covid saat jam operasional perusahaan.

BACA JUGA :  Akad Nikah di Kediaman KH. Afifuddin Muhajir

“Kami juga meminta pihak perusahaan memberikan santunan bagi karyawan terkonfirmasi positif serta mau menerima karyawan bekerja kembali jika nantinya sudah sembuh,” katanya, Minggu, 02 Agustus 2020

Dadang menambahkan, selain ada tambahan 22 pasien baru di PT PMMP, ada delapan Petugas Kesehatan (Nakes) terpapar virus Corona, terdiri dari enam petugas beberapa Puskesmas serta dua orang nakes rumah sakit.

Selain itu, ada tiga pasien berasal dari Rumah Tahanan (Rutan) Situbondo, serta empat pasien baru berasal dari empat Kecamatan masih dalam penyelidikan asal usul penularannya.

“Dari 37 tambahan pasien baru ditemukan empat pasien terkonfirmasi positif masih dilakukan penyelidikan epedemiologi,” terangnya.

Dadang mengaku, saat ini jumlah total pasien Covid di Situbondo sebanyak 256 orang, terdiri dari 195 pasien sembuh serta 12 pasien meninggal, serta 49 pasien dalam pengobatan. Rinciannya, delapan pasien rawat inap rumah sakit, enam pasien di gedung observasi serta 35 pasien isolasi mandiri.

“Ada satu tambahan pasien meninggal serta ada tambahan dua pasien sembuh. Kami di Satgas terus memantau perkembangan di lapangan,” terangnya.