Sekitar Lima Hektar Hutan Baluran Terbakar

0
Bhasafm
Bahu membahu-Petugas gabungan berusaha memadamkan api yang membakar kawasan hutan baluran (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Memasuki musim kemarau Hutan Baluran kembali terbakar, Kamis sekitar pukul 9 pagi. Sekitar lima hektar hutan yang terbakar berada di Dekat Pos tinjau T12 Puslatpur Marinir Karang Tekok, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih.

Asap kebakaran hutan ini sempat membuat jalan raya pantura dipenuhi asap, karena lokasi kebakaran berada di tepi jalan. Petugas gabungan terdiri dari BPBD, TNI  dan Polri serta petugas taman nasional hutan baluran, harus bahu membahu mamadamkan api.

Menurut Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono, proses pemadaman api lahan hutan yang terbakar juga dibantu relawan peduli hutan. Petugas gabungan harus bekerja ekstra agar kebakaran tersebut tak semakin meluas.

BACA JUGA :  Ditinggal Jenguk Orang Sakit Rumah Terbakar

“Lantai hutan baluran yang terbakar kurang lebih lima hektar,” kata pria yang akrab dipanggil Ipung tersebut, Kamis, 06 Agustus 2020

Puriyono menambahkan, kebakaran hutan itu baru berhasil dipadamkan satu jam kemudian. Saat ini penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan petugas taman nasional hutan baluran. “Mudah-mudahan tidak ada kebakaran lagi,” ujarnya.