Tangkis Sungai Jebol Ratusan Rumah Terendam Banjir

0
Banjir luapan air sungai menggenangi rumah warga di empat dusun Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih ( foto : zaini zain )

Situbondo-Ratusan rumah warga terendam banjir di empat Dusun Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih. Air sungai meluap ke pemukiman warga karena tangkisnya jebol, Senin kemarin.

Debit air di sungai cukup besar setelah turun hujan lebat sejak pukul 2 sore kemarin. Selain merendam ratusan rumah warga, banjir luapan air sungai itu juga menggenangi puluhan hektar tanaman.

Menurut  Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono, air dari sungai meluber mengenangi rumah warga karena tangkisnya jebol. Air yang masuk  ke rumah warga bervariasi mulai 30 hingga 50 centi meter.

Selain itu, air juga menggenangi jalan desa dengan ketinggian 30 hingga 60 centi meter. Empat dusun yang terendam banjir luapan sungai itu adalah Dusun Randu Agung, Dusun Kendal, Dusun Jelun dan Dusun Pandean, Desa Wonorejo.

BACA JUGA :  Motivasi Menulis Dalam Pelatihan Jurnalistik

“Banjir itu dari luapan sungai irigasi karena tangkisnya jebol. Sungai tak bisa lagi menampung debit air saat terjadi hujan dengan itensitas tinggi,” kata pria yang akrab di panggil Mas Ipung.

Puriyono menambahkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa banjir tersebut, namun warga sempat was was khawatir hujan terus terjadi dan yang masuk ke rumah akan semakin tinggi.

“Banjir berangsung-angsur surut setelah hujannya mulai reda,” katanya.

Reporter : Zaini Zain