Tingkat Kesembuhan Pasien Corona Tinggi, Kabupaten Situbondo Kembali Masuk Zona Kuning

0
Bhasafm
Update penyebaran Covid di Jawa Timur

Situbondo- Terus meningkatnya trend pasien Covid  sembuh, menyebabkan Kabupaten Situbondo kembali masuk zona kuning atau resiko kenaikan kasus rendah. Demikian diungkapkan Plt. Kepala Dinas Kesehatan  Ahmad Yulianto.

Menurut Yulianto,saat ini jumlah pasien Covid di Situbondo sebanyak 636 orang.  Dari jumlah tersebut sebanyak 537 pasien sudah dinyatakan sembuh.

“Tingginya tingkat kesembuhan pasien menyebabkan Situbondo kembali masuk zona kuning” ujar Plt. Kepala Dinas Kesehatan Situbondo, Ahmad Yulianto, Rabu, 21 Oktober 2020

Menurut Yulianto, selain masalah kesembuhan, tingkat kedisiplinan masyarakat mematuhi protokol kesehatan menyebabkan penyebaran Covid kian berkurang. Saat ini, ada 41 pasien Covid sedang menjalani perawatan terdiri dari 19 pasien di rawat di rumah sakit, 18 pasien isolasi mandiri serta empat pasien menjalani karantina di gedung observasi yang disediakan Pemerintah.

BACA JUGA :  Hotel dan Resto Ashika Terbakar, Api Bersumber Dari Mesin Genset

Yulianto mengatakan, untuk kasus pasien meninggal berjumlah 58 orang. Dari jumlah tersebut hanya ada tiga pasien meninggal karena murni terkonfirmasi Covid. Selebihnya sebanyak 55 orang pasien adalah komorbid yakni pasien Covid dengan penyakit penyerta. Yulianto menjelaskan,  umumnya pasien komorbid adalah pasien Covid lanjut usia yang memiliki penyakit penyerta seperti diabetes, darah tinggi, jantung dan gagal ginjal.

“Hari ini ada tambahan satu pasien meninggal asal Kecamatan Bungatan,” katanya