Wakil Ketua DPRD Situbondo Minta Satgas Fokus Cegah Penyebaran Covid

0
Bhasafm
Wakil Ketua DPRD Situbondo Abdur Rahman SH (Foto: Doc)

Situbondo- Wakil Ketua DPRD Situbondo, Abdur Rahman, S.H., angkat bicara melihat terus meningkatnya jumlah pasien Covid-19 di Situbondo. Politisi PPP itu meminta Satgas agar fokus melakukan pencegahan.

Menurut Abdur Rahman, semua anggaran Covid-19 dianggarkan melalui APBD, termasuk untuk pembelian masker yang dibagi-bagikan kepada masyarakat. Bahkan ada beberapa program pembangunan harus direcofusing untuk percepatan penanganan Covid-19.

Abdur Rahman mengaku, bahwa anggaran yang sangat besar tersebut belum menunjukan hasil memuaskan, mengingat pasien terkonfirmasi Covid terus bertambah setiap harinya. Bahkan pasien meninggal dunia juga terus bertambah.

“Anggaran yang disediakan itu cukup besar, makanya kami selalu meminta penggunaan anggaran dilaporkan agar kami tahu dibelanjakan untuk apa saja. Tugas kami memang melakukan pengawasan agar anggaran itu benar-benar digunakan untuk penanganan Covid. Tapi sekarang apa hasilnya?,” ujar Politisi asal Kecamatan Jangkar tersebut, Rabu, 16 September 2020.

Abdur Rahman meminta, agar Satgas benar-benar melakukan penanganan Covid secara menyeluruh, bukan terkesan kebingungan dan tergopoh-gopoh melakukan tracing atau pelacakan pasien ketika ada klaster baru. Penanganan menyeluruh itu kata Abdur Rahman, harus dimulai dari langkah pencegahan yang terencana dan bisa terukur hasilnya, karena secara regulasi dan anggaran Satgas sudah diberi kewenangan cukup besar.

BACA JUGA :  Rapat Yudisium UAQ

Abdur Rahman menambahkan, sebenarnya Pemkab sudah mendapat apresiasi penanganan Covid dari pemerintah pusat dan mendapatkan DID atau Dana Insentif Daerah. Oleh karena itu, Satgas harus lebih fokus lagi menangani Covid, agar penanganan Covid yang saat ini sudah masuk zona kuning tidak kembali menjadi zona merah.

“Pemerintah sudah mendapatkan apresiasi melalui DID. Jangan sampai kita semua menanggung malu, karena Satgas tidak fokus  lagi menangani Covid, malah berorientasi kepada hal-hal yang lain,” ujarnya.

Lebih jauh Abdur Rahman mengatakan, keseriusan Satgas melakukan pencegahan, akan berkaitan dengan kedisiplinan masyarakat mematuhi protokol kesehatan Covid, seperti mengenakan masker, menjaga hidup bersih dan sehat serta menjaga jarak aman.

“Kalau kita urai penanganganan Satgas tentu berkorelasi dengan perilaku masyarakat. Saya juga berharap, masyarakat harus patuh terhadap protokol kesehatan Covid,” pungkasnya.