Bung Karna Janji Pantau Penyaluran Pinjaman Modal Emak-Emak Pedesaan

0
bhasafm
SIMBOLIS-Penyaluran pinjaman bantuan modal usaja bagi emak-emak di pendopo Kabupaten Situbondo, Kamis, 8 April 2021 (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Bupati Situbondo, Karna Suswandi, akan memantau langsung progress MoU pemberdayaan emak-emak, yang melibatkan beberapa organisasi perempuan yaitu Tim Penggerak PKK Kabupaten, PC Fatayat NU dan Fajar Emak Solehah.

Bupati yang akrab dipanggil Bung Karna itu mengatakan, dirinya tak ingin program pemberdayaan emak-emak hanya sebatas MoU, melainkan harus memiliki dampak yang jelas terhadap pemberdayaan ekonomi emak-emak pedesaan.

“Akan terus saya pantau dan setiap bulan akan saya evaluasi. Sudah ada berapa kelompok emak-emak mendapatkan pinjaman modal usaha dari pihak pemberi pinjaman,’ ujarnya, saat memberikan sambutan di pendopo Amukti Praja, Kamis, 8 April 2021.

Bung Karna menambahkan, dirinya sangat bangga MoU dengan PT Amartha berlangsung cepat. Pihak PT Amartha juga sudah membentuk cabang di Situbondo. Sebab dirinya tak yakin program tersebut akan berjalan kalau masyarakat harus berurusan dengan PT Amartha yang kantornya berada di Jakarta.

BACA JUGA :  112 Calon Anggota Polisi Dinyatakan Lulus Administrasi

Bung Karna berharap, agar program pemberdayaan emak-emak itu dapat mendorong kesejahteraan masyarakat Situbondo. Oleh karena itu, progress pencairan pinjaman modal harus terus dilakukan serta pendampingan dan pelatihan juga harus dilakukan, agar beberapa tahun kedepan akan tumbuh dan berkembang usaha-usaha baru di masyarakat.

“Dengan semakin banyak uang tersalurkan  maka perputaran uang ini akan semakin banyak dan lambat laun ekonomi akan tumbuh. Karenanya, pembentukan kelompok harus sampai ke dusun-dusun,” katanya.

Reporter: Zaini Zain