Bung Karna Mengaku Rela Dihujat PNS Untuk Kepentingan Rakyat

0
bhasafm
Bupati Situbondo Karna Suswandi saat menyeragkan bingkisan lebaran kepada ASN golongan I dan II serta para tenaga honorer di Pendopo Kabupaten, Minggu, 2 Mei 2021 (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Bupati Situbondo Karna Suswandi, mengaku dirinya rela dihujat Pegawai Negeri Sipil karena dirinya hanya menaikkan TPP atau Tambahan Penghasilan Pegawai Negeri 10 persen.  Bupati yang akrab dipanggil Bung Karna itu tak masalah dihujat karena dirinya mengutamakan kepentingan rakyat.

Pernyataan ini disampaikan Bung Karna saat menyerahkan bingkisan lebaran kepada PNS golongan I dan II serta pegawai non PNS atau honorer di pendopo Amukti Praja, Minggu sore kemarin.

“Maafkan saya teman-teman PNS hanya menaikkan TPP 10 persen karena APBD kita masih belum sehat. Saya rela dihujat untuk kepentingan rakyat,” terangnya disambut tepuk tangan undangan yang hadir, Minggu, 2 Mei 2021

Menurut Bung Karna, dirinya menaikkan TPP hanya 10 persen bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) karena melihat komposisi keuangan APBD masih belum sehat. Dijelaskan, APBD 2021 hanya 1, 8 Triliun. Dari anggaran tersebut sebesar 1, 2 triliun terpakai untuk belanja rutin pegawai, sedangkan untuk belanja modal atau pembangunan hanya 30 persen atau sekitar 500 miliar.

BACA JUGA :  Hearing Dengan Komisi III DPRD Situbondo Terkait Areal Parkir, Owner KDS Mengaku Tak Sanggup

“Seharusnya anggaran belanja modal lebih besar dibandingkan belanja pegawai. Nanti kalau APBD kita sudah sehat akan saya naikkan TPP bagi ASN 200 persen,” terangnya

Bung Karna menambahkan, untuk bulan Maret dan April kenaikan TPP bagi ASN belum cair  karena Peraturan Bupati (Perbup) yang mengatur kenaikan TPP masih belum selesai.  Bung Karna meminta ASN bersabar, karena begitu draf sudah selesai akan langsung ditandatangani.

“Kalau hari ini selesai akan saya tandatangani pertama kali. Kalau mau menghujat seharusnya bukan kepada saya tapi hujatlah orang yang menyebabkan APBD kita terlambat,” ujarnya.

Sementara itu, Pemkab Situbondo menyalurkan bingkisan lebaran kepada 2. 668 ASN golongan I dan II serta pegawai non ASN. Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada pegawai honorer yang bekerja jadi juru parkir, jadi petugas kebersihan maupun yang bertugas di sejumlah instansi lainnya.

Reporter: Zaini Zain