Peluncuran Golden Wood Coffee Tumbuhkan Harapan Baru Penggiat Kopi Kayumas

0
bhasafm
Penggiat Kopi Kayumas berdialog dengan Menteri PPN, Suharso Monoarfa, Minggu, 18 April 2021 (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Langkah Pemkab Situbondo meluncurkan Golden Wood Coffee, sepertinya  jadi harapan baru pengembangan industri kopi di Situbondo. Para penggiat kopi Kayumas menyambut baik rencana Pemkab menjadikan industri kopi di Situbondo.

Penggiat kopi kayumas, Didik Suryadi mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi peluncuran Golden Wood Coffee. Diharapkan kopi Situbondo akan semakin dikenal masyarakat dunia, mengingat ketatnya persaingan industri kopi saat ini di pasaran.

“Kopi kita (kopi kayumas) sebenarnya sudah kelas dunia karena kita punya sederet penghargaan di bidang perkopian,” ujar Didik yang juga Sekretaris Petani Kopi Indonesia Jawa Timur, Minggu, 18 April 2021

BACA JUGA :  Sandiaga Uno Dukung Pengembangan Wisata Merak-Baluran dan Wisata Religi Sukorejo

Menurut Didik, perkebunan kopi kayumas sebenarnya sudah berjalan di hulu atau tingkat petani.  Saat ini, perlu diperbaiki tatakelola perkopian di hilir melalui pemberdayaan SDM pengelola kedai kopi.

“Selain di pasar dunia, keberadaan kedai kopi lokal harus jadi perhatian. Menjamurnya kedai kopi harus ditopang SDM yang mumpuni di dunia perkopian,” terangnya

Seperti diketahui. Kopi Kayumas telah menyabet banyak penghargaan, yaitu juara 1 Kopi Arabika tingkat Nasional 2010, juara 1 Dunia Kopi Luak Arabika 2016 dan juara 1 kopi robusta 2017.

Reporter: Zaini Zain