Pemkab Situbondo dan PT Amartha Bahas MoU Kerjasama Pemberdayaan Ekonomi Emak-Emak

0
bhasafm
Bupati Sitibondo, Karna Suswandi berfoto bersama Direktur Komersial PT Amartha Mikro Fintek, Hadi Wenas (Baju batik) di Pendopo Kabupaten, Selasa, 6 April 2021 (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Janji Bupati Situbondo untuk memberdayakan emak-emak pedesaan segera diwujudkan.  Pemkab Situbondo bersama PT Amartha Mikro Fintek menjalin kemitraan untuk pemberdayaan UMKM emak-emak di pedesaan.

Menurut Karna Suswandi, saat ini masih dibahas draf MoU kerjasama dengan PT Amartha. Kalau penandatangan MoU bisa dilakukan sebelum Ramadhan, maka selama bulan puasa akan segera dibentuk kelompok emak-emak di pedesaan minimal setiap kelompok berjumlah 10 orang.

“Hari ini PT Amartha sudah datang ke Situbondo. Ada tujuh pihak yang terlibat dalam kerjasama ini yaitu Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, DPMD, PKK, Fatayat NU dan Fajar Emak Soleha serta PT Amartha dan Bank Jatim,” ujarnya, ditemui usai pertemuan di Pendopo Kabupaten, Selasa, 6 April 2021

Bupati yang akrab dipanggil Bung Karna itu menambahkan, melalui kerjasama tersebut diharapkan akan melahirkan banyak wisara usaha baru di kalangan emak-emak pedesaan. Tujuan akhirnya, yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Situbondo, melalui penguatan sektor ekonomi emak-emak, mengingat emak-emak menjadi elemen penting dalam pengembangan ekonomi  keluarga.

BACA JUGA :  Polri Luncurkan Aplikasi Pembuatan SIM Online, Masyarakat Bisa Perpanjang SIM Dari Rumah

“PT Amartha akan membantu permodalan serta pengembangan usaha. Sejauh ini banyak masyarakat tidak bisa mengembangkan usahanya karena tidak adanya permodalan,” terangnya

Sementara itu, Direktur Komersial PT Amartha Mikro Fintek, Hadi Wenas, mengatakan, dirinya mengaku sangat senang bisa menjalin kerjasama kemitraan dengan Pemkab Situbondo. Sejauh ini, pihaknya memang fokus memberikan bantuan permodalan usaha di kalangan ibu-ibu pedesaan.

“Kalau kami menyebutnya ibu-ibu, tapi kalau Bupati menyebutnya emak-emak. PT Amartha memang fokus permodalan untuk ibu-ibu pedesaan di bidang UMKM,” terangnya

Hadi Wenas menambahkan, ada beberapa potensi wirausaha di empat Kecamatan sudah siap dikembangkan, yaitu Kecamatan Panarukan, Panji, Mlandingan dan Asembagus.

“Sambil menyelesaikan MoU nanti kita survey masing-masing usaha. Kalau semuanya sudah rampung akan kita launching,” katanya