Segera Turun Periksa Dana Desa, Inspektorat Prioritaskan Desa Bermasalah

0
bhasafm
Kepala Inspektorat Pemkab Situbondo, Akhmad Yulianto (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Inspektorat Pemkab Situbondo segera turun memeriksa penggunaan Dana Desa. Pemeriksaan dilakukan bertahap terhadap pelaksanaan proyek fisik maupun nonfisik yang dianggarkan melalui Dana Desa tahun 2020.

Kepala Inspektorat Pemkab Situbondo, Akhmad Yulianto, mengatakan, pemeriksaan dilakukan dibagi menjadi tiga tahap. Pemeriksaan dilakukan  terhadap desa berdasarkan skala prioritas analisa faktor risiko.

“Memang masih belum semua desa kami lakukan pemeriksaan karena ada skala prioritas terhadap desa yang bermasalah,” katanya.

Yulianto menambahkan, skala prioritas sesuai analisa risiko salah satunya bagi desa yang memiliki anggaran Dana Desa cukup besar. Selain itu, desa-desa yang memiliki permasalahan sebelumnya atau menindak lanjuti pemeriksaan sebelumnya.

BACA JUGA :  Kiai Azaim dan Bupati Karna Suswandi Resmikan Gedung BLK Komunitas YPAQ Al-Maimunah

“Jadi itu salah satunya skala prioritasnya dan akan kami bagi menjadi tiga tahap pemeriksaan dari barat, tengah dan timur,” katanya

Mantan Kepala BKDSM itu menambahkan, tujuan pemeriksaan oleh Inspektorat untuk menjamin bahwa pelaksanaan kegiatan yang menggunakan dana desa sesuai aturan, baik pengerjaan fisik termasuk bantuan pembiayaan melalui dana desa.

“Kedepan administrasi penggunaan anggaran dana desa akan semakin bagus dan tidak ada lagi permasalahan terkait dengan aturan. Makanya kami terus lakukan pemeriksaan,” ujarnya

Reporter: Zaini Zain